Gudang Material Bangunan di KM 7 Tanjungpinang Habis Dilalap Si Jago Merah
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 07-09-2016 | 13:53 WIB
Pemadam-kebakaran-ke-lokasi.gif

Mobil pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di gudang Material Bangunan milik Jo‎ni (40) yang terletak di Jalan DI Panjaitan KM 7, RT 05 RW 08 Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur terbakar (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kebakaran yang melanda gudang material bangunan di Jalan DI Panjaitan Km 7 Tanjungpinang dilalap si jago merah pada Rabu (7/9/2016) dini hari, sekitar pukul 03.40 Wib, sempat menggerkan warga setempat.

Gudang material bangunan yang terletak di RT 05/RW 08 Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur, atau tepatnya di belakang Warnet Hembas, itu diketahui merupakan milik Joni (40).

Penjaga Gudang, Pendi Perdana, mengatakan, pada saat kejadian dirinya dan pemilik gudang tidak berada di tempat. Pendi mendapat informasi kebakaran tersebut dari Nurul, yang tinggal berdekatan gudang, kemudian ia membeberitahu kepada pemilik gudang atau bosnya yang tinggal di Perumahan Pinang Mas Nomor 01 Tanjungpinang. Pendi pun langsung menuju lokasi.

Pendi menceritakan, ia mengetahui kejadian itu dari Nurul, tetangga sebelahnya. Tetangganya itu terbangun ketika mendengar letupan kecil yang menyerupai suara petasan, yang berasal dari gudang tersebut.

Merasa curiga mendengar seperti itu, Nurul lalu keluar dari rumahnya dan dengan seketika dirinya melihat api yang keluar dari gudang itu. Dirinya begitu kaget dan berteriak meminta bantuan kepada tetangga lainnya untuk memadamkan api.

"Mbak Nurul kasih tahu ke warga sekitar. Mendengarkan teriakan dia, kita keluar dan mambantu memadamkan api seadanya," kata Pendi.

Pendi menjelaskan, sembari memadamkan api seadanya, salah satu warga menghubungi pemadam kebakaran. Tetapi api semakin lama semakin besar dan semakin tinggi.

"Barang-barang bangunan belum sempat kita selamatkan, api terus membesar," paparnya.

‎Menurutnya, warga setempat sudah berusahan membantu memadamkan. Tak bebarapa lama kemudian, datanglah pemadam kebakaran dan langsung menyemprotkan air ke titik api yang terdapat di gudang seluas 1 Ha tersebut.

"Api dapat dipadamkan‎ sekitar pukul 07:00 WIB dan saya lihat ada sebanyak lima mobil damkar yang turun kelokasi," ungkapnya

Kebakaran gudang material bangunan ini sempat menghebohkan warga sekitar (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

Ketika terjadi kebakaran dan dilakukan pemadaman, hujanpun turun deras. Sedangkan gudang tersebut berisikan ‎alat-alat bangunan seperti pipa paralon, antena, kunci pintu, gembok, selang plastik, semen dan jenis bahan bangunan lainnya.‎ Sampai saat ini, belum diketahui penyebab kebakaran dan kerugian akibat kejadian tersebut.

Editor: Udin