Transportasi Laut ke Natuna dan Anambas Bertambah

KM Sabuk Nusantara 62 Segera Layani Masyarakat Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 04-09-2016 | 11:11 WIB
muramis12.jpg

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Muramis.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kementeriaan Perhubungan kembali menambah kapal perintis transportasi laut ke Natuna dan Anambas serta sejumlah pulau di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

KM Sabuk Nusantara 30, yang selama ini melayani rute pulau-pulau di Kepri dan saat ini ‎masih docking dalam rangka perbaikan, Kementerian Perhubungan pun menggantikannya dengan KM Sabuk Nusantara 62 yang akan berlayar dari dari Tanjungpinang ke sejumlah pulau di Kepri.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Muramis mengatakan, sedianya, KM Sabuk Nusantara 62 ini merupakan kapal tambahan untuk Provinsi Kepri, setelah sebelumnya ada Sabuk Nusantara 30 dan 39, yang beroperasi melayani transportasi masyarakat ke sejumlah pulau di Kepri.

Tapi karena KM Sabuk Nusantara 30 masih docking, maka rutenya akan digantikan KM Sabuk Nusantara 62. Kapal ini merupakan kapal baru Kementerian Perhubungan, yang sebelumnya telah dijanjikan akan menjadi transportasi tambahan untuk Kepri," ujar Muramis kepada wartawan di Tanjungpinang, Sabtu (3/9/2016).

Dengan beroperasinya KM Sabuk Nusantara 62 ini, sarana trasportasi ke Natuna dan Anambas, serta pulau-pulau di Kepri bertambah. Kapal Perintis Gunung Bintan juga akan segera jalan.

"Beroperasinya KM Sabuk Nusantara 62 ini disampaikan langsung Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, Edi Sumarsono, dalam pertemuan dengan Gubernur Kepri dan Komisi V DPR RI di Batam semalam," ujar Muramis.

Dengan semakain banyak dan lengkapnya trasnporasi laut ke sejumlah pulau di Provinsi Kepri ini, Muramis berharap dapat meningkatkan arus barang dan orang dalam menunjang ekonomi serta pariwisata di sejunlah pulau di Provinsi Kepri.

Editor: Dardani