Progress Capai 97 Persen, Akhir September Pengerjaan Jembatan I Dompak Rampung
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 01-09-2016 | 18:50 WIB
Jembatan-1-dimpak.gif

Jembatan I Dompak Tanjungpinang akan rampung dan badan jembatan akan tersambung seluruhnya pada akhir September 2016 mendatang (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepri menyatakan pengerjaan proyek Jembatan I Dompak-Tanjungpinang akan rampung, dan badan jembatan akan tersambung seluruhnya pada akhir September 2016 mendatang.

Kepastian itu, dilihat dari progress pengerjaan jembatan yang hingga saat ini telah mencapai 97 persen. Sedangkan 3 persennya hanya tinggal penyelesian pengecoran lantai sepanjang 15 meter dan satu satu busur jembatan di sisi Tanjungpinang sepanjang 20 meter serta pengerjaan finishing.

"Untuk pengecoran sisa 15 meter lantai jembatan, serta pembangunan satu busur jembatan di sisi Tanjungpinang, kami perhitungkan dalam satu minggu ke depan akan selesai dan badan jembatan sudah tersambung," ujar Kepala Dinas PU Kepri, Heru Sukmoro, dan PPTK Proyek Rodiantara pada wartawan di Tanjungpinang, Kamis (1/9/2016).

Saat ini tambah PPTK Proyek, Rodiantara, pelaksanaan pembesian pada 15 meter sisa lantai yang akan dicor juga sedang dikerjakan, setelah sebelumnya, tahap pengecoran pertama dan kedua untuk bagasting dan box garder dan balok bagian bawah, sudah selesai dilaksanakan.

"Busur utama dengan penjang 60 meter di atas jembatan, juga sudah dilakukan pengecoran, dan tinggal busur ketiga sepanjang 20 meter sisi Tanjungpinang yang akan segera disiapkan setelah pengecoran lantai selesai," sebutnya.

Jembatan I Dompak Tanjungpinang (Foto: Charles Sitompul)

Sebenarnya, tambah Kepala Dinas PU, untuk pengerjaan fisik jembatan, saat ini tinggal 1 persen, karena 2 persen merupakan pekerjaan finishing dan mobilisasi peralatan serta skoring jembatan, karena dalam volume pengerjaan mobilisasi alat dan bahan juga dihitung sebagai volume pekerjaan.

Dalam melaporkan pelaksanaan pekerjaan tambah Heru, pihaknya juga telah memaparkan progress pelaksanaan ke komisi III DPRD Kepri, sehingga tidak ada kekhawatiran atas pelaksanaan kegiatan, yang memang terus digesa hingga akhir kontrak Oktober 2016 selesai.

"‎Tadi ‎dalam pertemuan dengan Komisi III DPRD Kepri, juga kami paparkan, khususnya mengenai progres dan pelaksanaan pengerjaan jembatan yang masih dalam scedule," ujarnya,

Terkait dengan surat Komisi Keamanan Jembatan dan Trowongan Jalan (KKJTJ) atas Konstruksi dan spesifikasi tiang jembatan I Dompak yang sebelumnya sempat roboh, Heru Sukmoro mengatakan, hingga saat ini, pihaknya dan pihak Management Konstruksi (MK) serta Konsultan Pengawas dan Kontraktor akan menjelaskan, khususnya hasil analisis dan audit konstruksi yang dilakukan.

"Kemarin kami sudah bertemu dengan KKJTJ, dan akan kembali kami lakukan audensi, untuk memaparkan hasil analisis manajement konstruksi serta pelaksanaan pengerjaan yang sudah mencapai 100 persen," sebutnya.

Dan jika nanti KKJTJ, juga sudah tidak mempermasalahkan berdasarkan analisis MK proyek, maka pada 24 Sepetember atau bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Kepri, atau minimal Oktober 2016, pengerjaan pembangunan Jembatan I Dompak-Tanjungpinang itu akan rampung dan selesai.

Diharapkan, dengan selesainya pembangunan Jembatan I Dompak, dengan panjang ‎1.600 meter yang designnya dibangun dengan kombinasi bentang PCI girder sepanjang 23 kali 40 meter, box girder sepanjang 260 meter serta balok pelengkung serta slab on pile sepanjang 172 meter, dan 3 Busur sepanjang 120 meter di atas Jembatan, akan menjadi ikon pembangunan pusat Ibukota Provinsi Kepri di Tanjungpinang.

Editor: Udin