Tata Ulang Alat Keselamatan Pelayaran

Polres Tanjungpinang Data Seluruh Transportasi Laut
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Kamis | 25-08-2016 | 18:38 WIB
Kapolres-Tanjungpinang.jpg

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kapolres Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro, mengataka akan mendata kembali kapal dan pompong yang berlayar di perairan Tanjungpinang untuk menggunakan jaket pelampung (life jacket). Hal ini dipaparkannya dalam rapat SKPD Pemerintah Kota Tanjungpinang di Rupatama Mapolres Tanjungpinang, Kamis(25/8/2016). 

"Pada hari ini kita undang ‎seluruh SKPD Kota Tanjungpinang, Kodim, Korem, Syahbandar dan BNKG Tanjungpinang untuk membicarakan penaataan ulang agar tidak terulang kembali kejadian tenggelamnya kapal," ujar Joko.

Menurutnya, dengan menata ulang, pihaknya dapat mengantisipasi agar tidak terulang kembali dengan cara mengumpulkan kembali life jacket yang ada dan penumpang yang menggunakan alat transportasi laut seperti pompong harus menggunakan life jacket.

"Kita perbaharui, mengingat jumlah life jacket yang pernah diberi bantuan baik itu dari Pemda, maupun Polda Kepri itu kemana, jadi hari ini kita cari tahu keberadaan life jacket tersebut," katanya.

Sementara itu, terkait dengan kondisi cuaca, pihaknya berkordinasi dengan BNKG Kota Tanjungpinang, dengan begitu bisa diketahui prakiraan cuaca, apakah nantinya bisa berjalan atau tidak.

"Bisa nggak berlayar hari ini, kalau tidak bisa kita meminta ketegasan kepada Dinas Perhubungan, baik itu dari segi kapasitas kapal maupun ukuran kapal yang dapat dinaiki oleh penumpang," paparnya

Joko mejelaskan, pihaknya akan berkerja sama dengan intansi yang bersangkutan, tetapi sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing intansi.

"Kalau kita tugasnya cuma pengawasan saja, seperti akan mengerahkan personil yang ada di KKP, dan nantinya yang ingin berangkat akan didata secara lengkap," pungkasnya

Editor: Udin