Inilah Tiga Genset yang Dikirim ke Tiga Pulau Terluar Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 25-08-2016 | 15:42 WIB
gensetuntukterluar.jpg

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat melepas kapal yang membawa tiga genset ke tiga pulau terluar Kepri. (Foto: Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Sebanyak tiga genset pembangkit listrik berkapasitas 2 MW (Mega Watt), diberangkatkan PT PLN (Persero) Wilayah Riau dan Kepri, untuk penerangan di tiga pulau terluar Indonesia di Provinsi Kepri yaitu, Pulau Laut, Pulau Subi dan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna.

 

Pemberangkatan kapal Infrastruktur listrik PLN, dilakukan Gubernur Kepri Nurdin Basirun, dan Maneger PT PLN (Persero) ‎Wilayah Riau dan Kepri, Febby Joko Priharto di galangan kapal Kampung Bulang Tanjungpinang, Kamis (25/8/2016).

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan, pemberangkatan kapal Infrastruktur PT PLN membawa genset ke pulau terluar NKRI di Natuna Provinsi Kepri itu, merupakan bukti komitment pemerintah dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana serta pelayanan listrik pada masyarakat.

"Tentunya, ini semua harus dilakukan dengan kerja keras, karena semuanya tidak mudah dan tidak seperti membalikkan telapak tangan," kata Nurdin.

Pemerintah, kata Nurdin, akan terus melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana di sejumlah pulau terdepan Indonesia di Provinsi Kepri. Selain itu, pemerintah juga terus mendorong pihak swasta, agar ikut membangun daerah perbatasan. Karena memberdayakan daerah perbatasan perlu dilakukan secara bersama-sama.

‎Di tempat yang sama, Febby Joko Priharto mengatakan, dengan pengiriman genset melaluai kapal infrastruktur PLN ini, dalam waktu dekat masyarakat di Pulau Subi, Pulau Laut dan Pulau Tiga, akan dapat menikmati penerangan listrik.

"Transportasi pengangkutan genset melalui kapal infrastruktur ini akan sampai sekitar satu minggu, dan diperkirakan dalam waktu semingu PLN akan menyelesaikan pemasangan dan awal minggu pertama September 2016 listrik di tiga pulau Kabupaten Natuna ini bisa beroperasi," ujarnya.

Selain pengiriman tiga genset itu, pihaknya juga sedang mengadakan 3 unit genset lagi dengan kapasitas 2 MW, untuk dikirimkan pada sejumlah pulau lainya.

Pengadaan genset ini, merupakan bentuk kerja nyata PLN dan pemerintah pusat yang bertekat menerangi seluruh wilayah NKRI dan memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

Editor: Dardani