Anggota SPBA Singapura Jajaki Investasi Pariwisata di Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 22-08-2016 | 10:28 WIB
lagoibintan.jpg

Keindahan pantai dan alam Lagoi Bintan menjadi daya tarik investor. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Sejumlah investor dan anggota Singapora Power Boat Association (SPBA) yang merupakan anggota Group Yachter dunia, melakukan kunjungan ke Tanjungpinang dan Batam, untuk melihat pesona wisata, dan penjajakan Investasi Bidang Pariwisata di Kepri.

Dengan menggunakan pesawat pribadi, rombongan SPBA tiba di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Sabtu (20/8/2016) lalu. Selain melihat kondisi wisata alam di Bintan dan Tanjungpinang, mereka juga melakukan kunjungan ke Batam.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan,‎ kedatangan anggota SPBA ke Tanjungpinang dan Batam itu untuk mengintip pesona wisata bahari di Kepri. Khususnya, Tanjungpinang dan Batam.

‎"Sejak banyaknya kemudahan bagi kapal-kapal yacht untuk masuk ke Kepri, Singapore Power Boat Association (SPBA) mulai melirik dan mengintip pesona wisata bahari di Provinsi Kepri," ujar Guntur Sakti, Minggu,(21/8/2016).

Grup SPBA, tambah Guntur, sebelumnya sudah merajut kerjasama dengan Bintan Resort Cakrwala (BRC) dan Provinsi Kepri, dalam mendatangkan para yachter pada Even Festival Bahari Kepri (FBK) yang akan dilaksanakan nantinya di Kepri.

"Kemudahan-kemudahan regulasi yang diberikan, menjadi daya tarik bagi para yachter untuk datang berkunjung ke Kepri. Salah satu pintu masuk yang diharapkan adalah Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi," sebutnya.

Selain untuk menjajaki keindahan wisata bahari Kepri, dikatakan Guntur, para rombongan SPBA yang merupakan pengusaha di bidang pariwisata itu, juga mengintip peluang investasi dibidang pariwisata yang berbasis maritim.

"Mereka yang tergabung dalam Group SPBA ini bukan hanya sebatas para yachter, tetapi, juga investor-investor yang ingin berinvestasi dibidang Parewisata di Kepri," ujarnya.

Selain itu, penjajakan yang dilakukan ini, tambah Guntur, juga akan menjadi media promosi wisata bahari Kepri, karena di bawah bendara SPBA ada enam marina yang bekerja sama, dengan jumlah anggota sebanyak 3.000 sampai 4.000 yachter dari seluruh dunia.

Group General Manager (GGM) Bintan Resort Cakrwala, Abdul Wahab menambahkan, kedatangan rombongan SPBA ke Kepri merupakan pemanasan, menyonsong Festival Bahari Kepri. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Tanjungdahan Batam. Karena mereka sudah punya komitmen untuk ikut berpastisipasi dalam kegiatan itu nanti.

"Mereka hari ini membuat satu agenda yakni Kenduri Pesta Rakyat Tanjungdahan sempena HUT RI ke 71. Dari SPBA kita harapkan ada 40 kapal yacht yang masuk lewat BBT nanti," ujar Abdul Wahab.

Guntur juga menambahkan, untuk saat ini 60 kapal yacht dari higway nasional sudah berada di Maumere. Dijadwalkan pada 27 sudah berlayar ke Tanjungpinang melalui Parai Beach, Bangka. Kemudian masuk ke Kepri melintasi Penuba dan Benan, Lingga.

"Highway Kepri dari Nongsa Poin Marina (NPM) dan BBT kita harapkan akan dapat menampung 100 kapal yacht ke Kepri," tambah Guntur.

Editor: Dardani