Nurdin Ajak Seluruh Masyarakat Sukseskan Program Wisata Bahari Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 21-08-2016 | 15:43 WIB
Nurdin_wisata_bahari.jpg

Peresmian kawasan Wisata Bahari Riau International Cruising Higway Pulau Dahan, Kelurahan Galang Baru, Kecamatan Galang, Kota Batam (Foto: Charles/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun mengajak semua komponen masyarakat perkampungan di seluruh pulau-pulau di Kepri di Kepri agar mendukung dan mensukseskan program Wisata Bahari di Kepri.

 

Hal itu dikatakan gubernur saat meresmikan kawasan Wisata Bahari Riau International Cruising Higway Pulau Dahan, Kelurahan Galang Baru, Kecamatan Galang, Kota Batam, Sabtu (20/8/2016).

"Seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah maupun swasta harus bersama-sama mendukung dan membangun‎ program Wisata Bahari di Kepri, dengan menjaga lingkungan, keasrian, keramahan, serta potensi kawasan wisata pantai yang merupakan Anugrah yang diberikan tuhan pada Masyarakat Kepri,"kata Nurdin

Nurdin juga mengatakan, dengan kondisi geografis wilayah Provinsi Kepri yang 96 persen berupan lautan dan ratusan pulau. Merupakan beranda Indonesia yang berbatasan langsung dengan sejumlah negara. Eksostisme wisata alam dan bahari di sejumlah pulau di Kepri menjadi modal utama Provinsi Kepri dalam mengelola kawasannya menjadi kawasan wisatanya bertaraf internasional.

"‎Menjaga lingkungan eksotis wisata alam bahari di sejumlah pulau di Kepri dan chiri khas keramahan masyaralat dengan budaya Melayu yang kuat menjadi modal utama kita dalam memberikan kenyamanan pada wisatawan asing yang berkunjung ke sejumlah kabupaten dan kota di Kepri," tegas Nurdin.

Dalam peresmian Peresmian Riau International Cruiser Higway di Pulau Dahan Kecamatan Galang Kota Batam ini, juga dihadiri sejumlah investor asal Singapura, unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan daerah (FKPD), ‎ kepala dinas perhubungan, kepala dinas kelautan dan perikanan, Lurah Galang Baru Iskandar dan masyarakat setempat.

Dalam kunjungannya, gubernur Kepri juga melaksanakan uji coba wisata laut dengan menggunakan jetsky dari dari Batam menuju Pulau Kampung Dahan bersama rombongan grup jetsky Batam lainnya.

Selain disampubut warga masyarakat, dalam kesempatan itu, Nurdin bersama warga kampung di pulau itu juga melaksanakan pesta perlombaan HUT RI ke-71 dengan berbagai lomba tradisional rakyat seperti balap pompong, panjat pinang, lomba karung, dan perlombaan lainnya.

Selain itu, Nurdin juga mengajak para tamu dan wisatawan luar negeri yang juga berkunjung dan berwisata ke Pulau Dahan Galang Baru itu berdendang ria dan berjoget Melayu bersama masyarakat setempat.

Editor: Surya