Perayaan HUT RI ke-71, Korem 033 Wira Pratama Gelar Festival Layang-layang Merah Putih
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 20-08-2016 | 14:53 WIB
lomba-layang-layang-korem3.jpg

Komandan Resort Militer (Danrem) 033/Wira Pratama, Kolonel Infantri Fachri, dan sejumlah pejabat lainnya memainkan layang-layang usai secara resmi membuka Festival Layang-layang Merah Putih dalam rangka perayaan HUT RI ke-71 di Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komando Resor Militer (Korem) 033/Wira Pratama menggelar Festival Layang-layang Merah Putih dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71.

Festival Layang-layang Merah Putih yang berlangsung di Lapangan Rimba Jaya‎, Tanjungpinang, dibuka langsung oleh Komandan Resort Militer (Danrem) 033/Wira Pratama, Kolonel Infantri Fachri, dan dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat Tanjungpinang.

Festival Layang-layang Merah Putih ini sendiri diikuti lebih dari 1.000 peserta, mulai dari anak sekolah, peserta dari Natuna, Batam, dan Karimun, untuk merebut hadiah yang disediakan panitia.

Dalam sambutannya, ‎Danrem 033/Wira Pratama Kolonel Infanteri Fachri mengatakan, festival layang-layang ini bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional yang berlandaskan kearifan lokal di Provinsi Kepulauan Riau.‎

Festival layang-layang ini juga atas arahan Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan, yang meminta seluruh jajaran Korem agar melaksanakan kegiatan yang berkearifan lokal.

"Ini merupakan bentuk syukur kita karena seluruh kegiatan berjalan dengan lancar," ujar Fachri.

Fachri menjelaskan, perayaan HUT RI ke-71 mempunyai makna yang penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena kemerdekaan ini adalah perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan seluruh jiwa dan raga demi Indonesia.

"Kita sebagai generasi muda bangsa harus dapat memaknai perjuangan pahlawan dan turut serta dalam melestarikannya," katanya.

Menurutnya, salah satu kegiatan yang dapat memaknai perjuangan para pahlawan yaitu dengan membuat kegiatan yang berkaitan dengan kearifan lokal, seperti olahraga layang-layang. Kegiatan ini melibatkan para generasi muda dan juga anak-anak sekolah dasar.

"Kegiatan layang -layang ini seperti kita tahu sudah menasional dan dapat menampung aspirasi masyarakat, serta dapat menghidupkan kembali olahraga tradisional Indonesia," paparnya.

Korem 033/Wira Pratama, katanya, juga akan turut serta berperan dalam kegiatan yang lebih nantinya, yakni Festival Bahari Sail Karimata yang dilaksanakan di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, pada Oktober nanti.

"Selain itu, layang-layang ini bertujuan untuk mengihiasi langit di Tanjungpinang dengan layang-layang merah putih," ‎pungkasnya.

Editor: Dardani