‎Kadis PU dan Konsultan Jembatan Dompak Temui KKJTJ Jelaskan Kajian Teknis dan Pengujian

Tiang Roboh Jembatan I Dompak Tak Jadi Dibongkar
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 19-08-2016 | 19:18 WIB
jembatan1-dompak1.jpg

Pengerjaan Jembatan I Dompak. (Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tiang P6 dan P7 Jembatan I Dompak, yang sebelumnya roboh dan berdasarkan kajian serta investigasi Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) harus dibongkar, ternyata tidak jadi dibongkar Dinas PU Kepri. 

Sebaliknya, saat ini justru pelaksanaan pengerjaan lantai jembatan di tiang P6 dan P7 Jembatan I Dompak itu telah selesai dikerjakan Kontraktor Pelaksana, PT Wijaya Karya.

Sebelumnya, dari kajian dan audit konstruksi serta investigasi‎ KKJTJ, memerintahkan kepada Dinas PU Kepri dan Kontraktor Pelaksana Jembatan I Dompak PT Wijaya Karya (Wika) untuk melakukan pembongkaran dua tiang di titik lokasi robohnya jembatan.  

Kepada Dinas PU Kepri, Heru Sukmoro mengatakan, tidak dilakukanya pembongkaran dua tiang Jembatan I Dompak itu, karena berdasarkan kajian manajemen konstruksi PT.LAPI Ganesa Bandung.

Dari hasil kajian dan analisis audit yang dilakukan, tidak ada ditemukan crek atau retakan, hingga menurut Konsultan Perencana, pembongkaran tidak harus dilakukan.

"Dengan kajian teknis dan pengujian dari manajemen konstruksi ini, serta adanya surat dari KKJTJ kemarin, saat ini kami ke Jakarta untuk memberikan penjelasan atas kajian teknis dari manajemen konstruksi pengawas," ujarnya.

Lebih jauh Heru Sukmoro mengatakan, selain dari kajian teknis manajemen konstruksi, pihak PU juga sebelumnya telah meminta bantuan serta audit dari KKJTJ, khususnya tentang ketahanan tiang dan pengawasan konstruksi jembatam I Dompak tersebut.

Selain itu, dengan pengawasan KKJTJ Kementerian PUPR ini, Dirjen Jembatan dan Ditjen Bina Marga, juga nantinya akan memberikan sertifikasi pada Jemabatan I Dompak tersebut.

Editor: Udin