Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia RI ke-71

Gubernur Himbau Warga Kepri Kibarkan Bendera Merah Putih Selama 5 Hari
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 10-08-2016 | 10:02 WIB
nurdindanjokowi.jpg

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun saat menghadap Presiden Joko Widodo. (Foto: Humas Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-71 pada 17 Agustus 2016, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun, menghimbau seluruh masyarakat, instansi pemerintah dan lembaga swasta di Kepri agar mengibarkan bendera merah putih selama 5 hari berturut-turut, mulai tanggal 14 Agustus sampai dengan 18 Agustus 2016.

 

Himbauan Gubernur Kepri ini disampaikan melalui ‎surat Edaran Gubernur Nomor 108/0879/SET tanggal 8 Agustus 2016 kepada seluruh Bupati dan Walikota di Kepri, pimpinan instansi vertikal di Provinsi Kepri, kepala SKPD, Pimpinan BUMN, serta Bank dan Organisasi Kemasyarakatak, sebagai tindak lanjut dari surat Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia nomor: B.1652/Kemensetneg/Ses/TU.00.04/05/16 tanggal 25 Mei 2016 tentang perayaan HUT-RI ke 71 Tahun 2016.

Selain menyampaikan tentang logo resmi peringatan HUT RI ke-71 pada Surat Kemneteriaan Sekretaris Negara ini, juga menjabarkan tentang pedoman peringatan HUR RI ke-71.

"Untuk lebih memeriahkan pesta peringatan HUT RI ke-71 kali ini, kepada pemilik kantor, rumah dan toko serta bangunan lainya, diharapkan untuk memasang umbul-umbul, spanduk sebagai bentuk apresiasi semangat kemerdekan Republik Indonesia," sebutnya.

Nurdin juga mengatakan, peringatan HUT RI ke-71 tahun di Kepulauaan Riau 2016 ini, akan menjadi momentum bagi masyarakat Kepri untuk Bangkit dan ikut andil dalam pelaksanaan pembangun, dalam meneruskan cita-cita perjuangan para‎ Pahlawan Kemerdekaan dengan melakukan hal yang positif.

"Bangkitkan nilai-nilai kebangsaan, ikut andil dalam pelaksanaan pembangunan, seperti pejuang kemerdekaan kita, yang zaman dahulu rela mengorbankan harta dan nyawanya, untuk merebut kemerdekaan dari para penjajah,"ujar Nurdin.

Adapun tema HUT RI ke-71 tahun 2016, secara nasional adalah "Indonesia Kerja Nyata". Sedangkan subtema untuk Provinsi Kepulauan Riau adalah "Kerja Nyata untuk Mewujudkan Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia, Ramah Lingkungan dan Unggul di Bidang Maritim".‎

Disamping pengibaran bendera merah putih selama 5 hari berturut-turut, Nurdin juga mendorong seluruh masyarakat memperingati HUT-RI dengan kegiatan Kreatipitas dan mengedepankan Hiburan Khas Daerah.

"Dengan Kegiatan Kreatif yang menonjolkan kearifan lokal daerah kita, mrnjadikan hakekat peringatan dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat benar-benar bisa terwujud,”ujar Nurdin.

Hingga selain mengenang jerih payah para pejuang, kata Nurdin, Momentum kemerdekaan ini juga diharapkan Nurdin bisa menjadi momentum sebagai sarana pendidikan dan hiburan rakyat.

Editor: Dardani