Indahnya Toleransi Beragama di Tanjungpinang

Ratusan Pemuda Gereja Bantu Pengamanan Sholat Idul Fitri
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 07-07-2016 | 08:21 WIB
pengamanansholatid.jpg

Ratusan pemuda gereja di Tanjungpinang ikut membantu pengamanan pelaksanaan sholat Idul Fitri. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kebersamaan dan toleransi umat beragama dalam kebhinekaan NKRI kembali ditampakkan di Tanjungpinag. Saat ribuan umat Islam melakukan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriyah, ratusan pemuda dan pengurus gereja bahu membahu bersama Polisi, melakukan pengamanan mengatur lalu lintas serta parkir kendaraan di 48 titik tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri di Kota Tanjungpinang, Rabu (6/7/2016). 

 

Ketua Badan Musyawarah Antara Gereja (BMAG) Kota Tanjungpunang, Pendeta Jhonson Saubaki mengatakan, pengamanan bersama sholat Idul Fitri itu dilakukan sebagai bentuk partisipasi dari seluruh elemen ‎masyarakat dan pemuda Kristen dari berbagai gereja di Tanjungpinang, yang tergabung dalam Badan Musyawarah Antar Greja (BMAG), Forum Komuniasi Antar Greja (BMAG), Jairingan Doa Se-Kota Tanjungpinang, serta Pemuda dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesi (GMKI). ‎

"Ini kerinduan dan bentuk kerjasama dan toleransi kami‎ pada saudara kami umat muslim. Dan ketika kami beribadah saat natal, juga dibantu melakukan pengamanan," ujar Jhonsosn Saubaki kepada BATAMTODAY.COM di Tanjungpinang.

Selain menjadi kerinduan bersama dalam mewujudkan toleransi sesama umat beragama, Ketua FKAG kota Tanjungpinang Pendeta Hendra Bala, juga mengatakan, pengamanan yang dilakukan juga merupakan terobosan dari Polres Tanjungpinang dan baru pertama kali dilakukan.

"Sebenarnya selama ini, bukan kami tidak ingin berpartisipasi, tetapi kami juga menjaga pada teman-teman yang muslim, dan dengan partisipasi yang dimotori Polres ini. Kami sangat menyambut baik dan kami harapkan program seperti ini akan menjadi program tahunan dalam mewujudkan toleransi umat beragama di Kota Tanjungpinang," tuturnya.

Sikap toleransi para pemuda gereja itu pun disambut baik oleh ribuan warga muslim. Hingga menjadi ajang silaturahmi di hari nan fitri itu.

Kapolres Tanjungpinang AKBP.Kritian Siagian didampingi Kabag Sundal Polres Tanjungpinang Kompol. H Butar-Butar mengatakan, pengamanan sholat Idul Fitri di 18 titik wilayah sholat berlangsung aman dan hikmat.

Pengamanan Sholat Idul Fitri 1437 Hijriah di Tanjungpinang, selain menurunkan personil Polisi, TNI dan instansi lainya, juga mengikutkan 120 pemuda dan warga lintas agama di Kota Tanjungpinang. Mereka adalah relawan Pamswakarsa dari masing-masing pimpinan gereja, dikendalikan di bawah kepolisian.

"Merka disebar ke 18 titik lokasi pelaksanaan sholat Idul Fitri yang ada di Tanjungpinang, " ujarnya.

Editor: Dardani