Ratusan Insan Pers Ikuti Dialog Bersama Wali Kota Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 28-06-2016 | 13:48 WIB
dialog-pers-tanjungpinang.jpg

Wali Kota Lis Darmansyah memberikan pemaparan dalam dialog bersama insan pers Tanjungpinang. (Foto: Humas Pemko Tanjungpinang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ratusan insan pers yang bertugas di Pemerintah Kota Tanjungpinang, mulai dari media cetak, online, televisi, dan radio, ikuti dialog Ramahan bersama Wali Kota Lis Darmansyah di Restoran Shangrilla Tanjungpinang, Minggu (26/6/2016).

"Moment bulan suci Ramadan ini, hendaknya kita dijadikan intropeksi diri untuk melakukan reformasi guna menata kehidupan yang lebih baik," kata Lis.

Dikatakan Lis, selama ini wartawan telah memberi kontribusi kepada pemerintah dengan mempublikasikan kebijakan, program maupun perkembangan di kota Tanjungpinang. Hal itu merupakan salah satu bentuk kemitraan dan kerjasama pers bersama pemerintah dalam mengelola informasi publik yang informatif.

Menurut Lis, pemerintah harus mengelola komunikasi pers dengan baik, selain itu, peran media massa yang bekerjasama dengan pemerintah harus bisa mengemas informasi secara lengkap tanpa mengurangi makna informasi tersebut.

"Wartawan merupakan profesi, segala koreksi dan kritikan sangat-sangat kita terima, namun segala yang diekspos harus tetap pada keakuratan dan kebenarannya, sehingga hasil tulisan yang disajikan dapat dinikmati dan dipahami oleh masyarakat," tutur Lis.

Era keterbukaan informasi publik saat ini, lanjut Lis, pemerintah lebih terbuka dalam segala informasi, terkecuali rahasia negara. "InsyAllah tahun ini, kita akan menyediakan media center untuk memfasilitasi kebutuhan wartawan dalam memposting berita, pers bisa berkoordinasi melalui humas untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, dengan demikian, keberadaan media center ini akan lebih meningkatkan pelayanan dan pertukaran informasi maupun komunikasi kepada publik", kata Lis kepada seluruh awak media.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemko Tanjungpinang, Faisal Pahlevi mengatakan kegiatan ini bertujuan menjalin silaturahim antara pemerintah dengan insan pers yang selama ini telah bekerjasama dengan baik dalam memberikan informasi kepada publik tentang perkembangan pembangunan di kota Tanjungpinang.

"Selain itu, sebagai wadah untuk berdialog dan berdiskusi mengenai isu-isu sosial dan kemasyarakatan guna mencari solusi dan pemecahannya untuk kemajuan bersama," kata Faisal seraya mengharap sinergitas antara pemerintah dengan insan pers dapat terus terjalin dengan baik.

Dialog pun berlangsung penuh keakraban. Beberapa pertanyaan seputar menjalin kemitraan yang baik antara pemerintah dengan media pun diajukan dan ditanggapi secara terbuka oleh Lis.

Usai melakukan dialog, Wali kota, Asisten, Staf Ahli, dan jajaran Kepala SKPD, serta seluruh pers yang hadir mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Dedi Sanjaya, acara pun dilanjutkan dengan buka bersama.

Turut hadir, Ketua PWI, Ramon Ramora dan ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Batam, Muhammad Zuhri selaku narasumber pada acara itu.

Editor: Dodo