Kepri Nyatakan Kesiapannya dalam Penyelenggaraan Festival Bahari Kepri 2016
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 24-06-2016 | 11:26 WIB
Rapat-FBK.jpg

Pemerintah Provinsi Kepri gelar rapat pemantapan Festival Bahari Kepri (FBK) 2016, di Gedung Daerah, Tanjungpinang (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau gelar rapat Koodinasi Festival Bahari Kepri (FBK) 2016, Kamis (23/6/2016) di Gedung Daerah, Tanjungpinang. Adapun rapat yang diselenggarakan ini dalam rangka mensukseskan Event Nasional Sail Selat Karimata.

Rapat sendiri dihadiri oleh Mantan Menko Bidang Kemaritiman RI ke-3, Dwisuryo Indroyono Soesilo, yang saat ini menjabat sebagai Ketua tim percepatan pengembangan pariwisata beserta para rombongan pejabat Kementrian Pariwisata.

Plt. Sekdaprov Kepri, Reni Yusneli, turut hadir dalam rapat ini, didampingi Kadis Pariwisata Guntur Sakti beserta sejumlah pimpinan SKPD dan FKPD. Hadir pula Ketua Bidang 2 wisata bentang laut Laksmana (Purn) Dr. Marsetio dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul.

Festival Bahari Kepri sendiri nantinya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 mendatang, merupakan rangkaian kegiatan yang akan disajikan dalam event Sail Selat Karimata 2016 yang launching nya diresmikan awal Juni lalu. Bahkan saat rapat koordinasi tingkat Kementrian/ Pimpinan Lembaga dan Kepala Daerah di Jakarta, Kepri dengan FBK nya diapresiasi oleh Menko Rizal Ramli.

"Tekad dan semangat Kepri untuk menjadikan Kepri sebagai gerbang wisata bahari di masa yang akan datang. Dengan kondisi geografis yang sudah mendukung, persiapan pun sudah kami lakukan, Tanjungpinang sudah ditetapkan sebagai tuan rumah, Kepri dan Bintan juga sudah saling koordinasi menyusun grand design," kata Reni.

Deputi bidang IV, bidang Koordinasi SDA dan Jasa, Safri Burhanuddin, mengatakan bahwa event ini digelar untuk mewujudkan tujuan sail yakni pengembangan pariwisata di daerah dan Kepri juga dinilai sudah siap sebagai tuan rumah event.

"Dari data yang kami dapat dari pihak Kepri, kami sangat mengapresiasi FBK nantinya, Kepri sudah siap, regulasi terkait SK juga sudah ke luar tinggal dijalankan," ujar Safri.

Adapun rapat koordinasi ini menjelaskan tentang tambahan kegiatan yang memungkinkan dilaksanakan di FBK yang merupakan ide dari Kementrian yang ingin mensukseskan Sail Karimata 2016 antara lain, demo terjun payung, game fishing, jetski, wind surfing. Lalu titik koordinat peletakan parkiran yarct agar segera ditentukan, memaksimalkan website tiap daerah yang menjadi tuan rumah dan Kementerian ingin event puncak FBK dilangsungkan pada Sabtu (29/10/2016) yang mana rencana sebelumnya akan digelar pada Jumat, (28/10/2016) karena hari sabtu lebih memancing banyaknya wisatawan yang datang.

"Kita tidak hanya menyelenggarakan event, lalu selesai. Kita ingin menjual Kepri menjadi tujuan wisata, bagaimana FBK nantinya menjadi menarik di mata Internasional, banyak tidaknya wisatawan asing yang datang kita rasa menjadi tolak ukur berhasilnya event," ujar Indroyono, Ketua tim percepatan pengembangan pariwisata.

Editor: Udin