Jelang Lebaran, BUMD Tanjungpinang Bakal Jual Daging di Kisaran Rp130 Ribuan
Oleh : Habibi
Kamis | 23-06-2016 | 17:22 WIB
asep-nana-suryana.jpg

Asep Nana Suryana, Direktur BUMD Tanjungpinang.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tanjungpinang, Asep Nana Suryana mengatakan bahwa pihaknya akan menekan harga daging dengan mendatangkan sapi dari Jambi.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Daerah anjungpinang, Riono bahwa BUMD mendatangkan daging dari Lampung, ternyata tidak benar, karena menurut Asep, daging di Lampung juga sudah tinggi harganya dan lokamasinya pun jauh, maka diambil dari Lampung saja.

Sementara itu untuk sistem penjualannya di Tanjungpinang, BUMD menerapkan sistem seperti saat hari raya Qurban, yaitu menggunakan kupon.Bedanya, saat Idul Adha dagingnya gratis, sementara di BUMD harus bayar.

Harga daging pun menurut Asep tidak bisa dijual dengan harga Rp120 ribuan per kilogr seperti yang diutarakan Riono. Dari hasil hitung-hitungan BUMD, daging yang didatangkan dari jambi tersebut tetap murah dari harga pasaran, hanya saja bisa dijual di atas Rp 130 ribu.

"Setelah kita hitung-hitung, memang harga yang akan kita tawarkan nantinya di atas Rp130 ribu dan paling tinggi itu kita jual seharga Rp135 ribu per kilonya. Dan untuk kupon, nanti akan kita umumkan di media sosial dan RRI, jika sudah ready, bisa diambil langsung di posko BUMD atau ada orang-orang yang khusus kita tunjuk untuk menjual kupon," ujar Asep saat dihubungi, Kamis (23/6/2016).

Asep mengaku, sejalan dengan perintah pemegang saham, yaitu Wali Kota Tanjungpinang untuk menjaga stabilitas harga daging, maka melihat trend harga cabe yang bisa diturunkan menjadi Rp 25 ribu per kilonya, diharapkan daging juga begitu. Menurut Asep, perkiraannya saat H-5 hingga H-1 lebaran harga daging bisa mencapai Rp175 ribu per kilogram di pasaran.

"Makanya Rp135 ribu itu masih murah dan kita akan menjualnya saat H-5 itu. Jadi yang diprioritaskan adalah pemegang kupon, dan nanti pemegang kupon ini bisa request minta diantar kapan, maka kami akan mengantarkannya kerumah dia langsung. Namun tetap ditambah ongkos kirimlah," ujar mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjungpinang ini.

Asep dan tim juga akan membuka posko penjualan daging di depan RRI Tanjungpinang, jadi masyarakat juga bisa mengambil langsung daging di lokasi tersebut. Namun tetap, pihaknya akan memprioritaskan yang telah membeli kupon. Jumlah kupon, harga tetap dan contact person kata Asep akan diumumkan pada Senin (27/6/2016).

"Dagingnya datang hari Minggu (26/6/2016), itu akan kita potong dulu, kita packing per 1 kg, dan itu yang akan kita hitung, berapa jumlah kupon yang bisa disebar nantinya. yang jelas jumlahnya banyak dan semuanya akan kita jual ke masyarakat, hari Seninnya akan kita umumkan harganya, jumlah kuponnya dan contact person yang bisa dihubungi untuk membeli daging ini, ditunggu saja," ujar Asep.

Editor: Dodo