Rutan Kelas IA Tanjungpinang Gelar Buka Puasa Bersama Warga Binaan
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Kamis | 23-06-2016 | 11:02 WIB
Sekda-Riono.jpg

Kepala Rutan Kelas IA Tanjungpinang, bersama Sekertaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono dan Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri Ohan Suryana (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - ‎Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IA Tanjungpinang menggalar buka bersama dengan jajaran Kakanwil Kemenkumham Provinsi Kepri, warga binaan dan jajaran FKPD Kota Tanjungpinang yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi.

Kepala Rutan Kelas IA, Ronny Widyatmoko, mengatakan buka bersama ini merupakan silahturahmi pihaknya kepada seluruh jajaran instansi di Tanjungpinang dan berpesan agar masalah apapun yang dihadapi jangan menyerah menghadapi seluruh tantangan hidup.

"Kita sebagai manusia di bumi ini, pastinya membutuhkan keluarga, teman dan terkhusus untuk seluruh warga binaan di sini," ujar Ronni saat memberikan sambutannya, Rabu (22/6/2016).

‎Ronny juga memberi pesan kepada seluruh warga binaan yang ada di Rutan Kelas IA Tanjungpinang untuk selalu bertawakal dan selalu bersabar dalam menjalani kehidupan sekarang ini, serta mencari amal di bulan Suci Ramadan ini.

"Di bulan yang suci inilah, mari sama-sama kita mencari amal dan beribadah serta untuk mengintrospeksi diri kita masing-masing, karena ‎apapun masalah yang kita hadapi janganlah menyerah dan untuk melakukan perubahan di dalam diri kita masing-masing," katanya‎

Menurutnya, selain melakukan buka bersama, pihaknya juga menyatukan acara ini dengan peringatan Nuzul Quran 1437 H, dengan tujuan untuk menciptakan warga binaan yang bertaqwa dan aman sebagai insan yang Qurani.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Kepri, Ohan Suryana, mengatakan buka bersama ini merupakan pembinaan kepada seluruh warga binaan, walaupun yang sifatnya sementara.

"Mereka juga memiliki hak-hak untuk mendapatkan keagamaan seperti ini, dan tidak hanya di sini saja tetapi di seluruh Rutan dan Lapas yang ada di wilayah Kepulauan Riau," paparnya.

Dia menjelaskan, buka bersama yang disejalankan dengan peringatan Nuzul Quran ini adalah program mereka yang dilaksanakan ‎setiap tahunnya.

"Apalagi ini merupakan waktu yang tepat, di bulan Suci Ramadan ini untuk kita dan khususnya warga binaan untuk menintrospeksi diri," pungkasnya ‎

‎Editor: Udin