Pesan Lis, Jadikan Al-Quran sebagai Sahabat
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 22-06-2016 | 18:24 WIB
Nuzulul-Quran.jpg

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah memberikan tausiah di malam Nuzulul Quran di Masjid Agung Al-Hikmah (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengajak seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang, untuk menjadikan Al-Quran sebagai sahabat dalam kehidupan.

"Al-Quran tidak saja kita baca dengan lantunan yang indah, merdu, bahkan mengharukan, tetapi bagaimana isi dari ayat-ayat suci Al-Quran itu, perlu kita pahami dan diimplementasikan dalam kehidupan kita, bawalah makna Al-Quran itu kemana pun kita pergi, agar diakhirat menjadi safaat," katanya.

Hal itu yang dikatakan Lis, saat menghadiri Khatamul Quran sekaligus peringatan Malam Nuzul Quran yang diadakan oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kota Tanjungpinang, di Masjid Agung Al-Hikmah, Rabu (22/6/2016).

Dikesempatan itu, Lis mengatakan era digital saat ini, memberi tantangan bagi orang tua bagaimana mendidik anak agar mempunyai moral dan akhlak yang baik, karena bicara soal akhlak dan moral adalah bicara soal bangsa dan pemimpin bangsa.

Menurut Lis, saat ini hampir semua orang tua menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dan pondasi kehidupan bagi anak-anaknya. Membentuk akhlak dan moral generasi sudah menjadi tanggung jawab dan tugas kita bersama. Karena itu, pemerintah berkomitmen menerapkan wajib mengaji di seluruh sekolah, agar mereka memahami dan menanamkan nilai-nilai Al-Quran dalam diri mereka untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Mudah-mudahan kita bisa bersama-sama menciptakan generasi yang Qurani di Kota ini," tutur Lis kembali

Sementara itu, Plt. Asisten 3 Provinsi Kepulauan Riau, Misbardi, menuturkan BKMT telah banyak berkiprah dalam memberikan pencerahan dan mencerdaskan masyarakat dari sisi agama maupun sosial. Oleh karena itu teruslah menjadi pelopor agama Islam untuk mensosialisasikan Al-Quran sebagai pedoman hidup bagi masyarakat di segala aspek kehidupan.

Sementara itu, Zulikha selaku ketua BKMT Kota Tanjungpinang, menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap tahunnya, " Setiap tahun kita mengadakan tiga kegiatan yang diikuti oleh ibu-ibu BKMT se-Kota Tanjungpinang, yang dimulai dengan tadarus Al-Quran, khatamul Al-Quran serta peringatan Nuzul Quran," tandasnya

"Kegiatan yang kita laksanakan ini, agar orang tua tidak saja bisa membaca Al-Quran dan memahaminya, tetapi, untuk menanamkan nilai-nilai Al-Quran bagi putra-putrinya guna menjadikan anak-anak mereka berakhlak mulia," imbuhnya

Acara yang dihadiri Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, beserta istri Juariah Syahrul, Ketua TP-PKK, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, Ketua BKMT Provinsi Kepri, serta unsur pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang itu disejalankan dengan pemberian santunan kepada kaum duafa.

Santunan tersebut diberikan kepada 251 orang anggota BKMT yang kurang mampu. Penyerahan santunan tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang, didampingi Wakil Walikota, Plt. Asisten 3 Provinsi, beserta Baznas Provinsi Kepri dan pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang.

Editor: Udin