Warga Binaan Rutan Tanjungpinang Lahirkan Karya Seni dari Balik Sel
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 21-06-2016 | 15:58 WIB
karya-seni-rutan-tpi.jpg

Kepala Pelayanan Rutan Klas IA Tanjungpinang, Machda Landasny menunjukkan karya seni buatan warga binaan. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Meskipun mendekam di balik jeruji besi, namun hal itu tidak mematahkan semangat warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas I A Tanjungpinang untuk berkarya.

Adapun jenis-jenis karya seni yang dibuat diantara berbagai lukisan, miniatur kapal dan tanaman hias. Karya seni ini terbuat dari bahan-bahan bekas yang dapat didaur ulang untuk menciptakan karya seni baru.

Kepala Pelayanan Rutan Klas IA Tanjungpinang, Machda Landasny mengatakan ‎seluruh karya seni yang dibuat oleh warga binaan yang belajar melalui secara autodidak.

"Mereka belajar melalui buku maupun melalui sesama mereka," kata Machda, Selasa (21/6/2016).

Selain itu, warga binaan juga memelakukan beberapa budidaya pertanian dan peternakan yang dilakukan di belakang Rutan. ‎Tetapi tidak semua warga binaan yang dapat melakukannya dan mengikuti pelatihan ini.

‎"Warga binaan yang dapat mengikuti mereka yang sudah menjalani setengah atau 2/3 masa tahanan, selain itu menjalani 2/3 hukuman dan warga binaan yang sudah mendapatkan vonis pengadilan juga dapat mengikuti," katanya.

Machda juga menjelaskan terutama pada warga binaan yang berkelakuan baik yang selama dalam rutan yang menjadi prioritas diberikan pelatihan.

Editor: Dodo