Dampak Tongkang Hantam Pelra, Rumah dan Alat Tangkap Nelayan

Warga Tanjung Duku Minta Ganti Rugi ke PT Wika Selaku Pemilik Tongkang
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Sabtu | 18-06-2016 | 13:10 WIB
soak.jpg

Pelabuhan Rakyat Tanjung Duku mengalami kerusakan diantaranya Pos dermaga hancur berkeping-keping dan dermaga itu juga mengalami retak-retak pada bagian jembatannya akibat hantaman tongkangPT Wika (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjunginang - ‎Warga minta PT Wika membayar ganti rugi akibat tongkang yang menabrak Pelabuhan Rakyat (Pelra) milik Warga RT 4/ RW I. Tanjung Duku, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Jumaat (17/6/2016) malam sekitar pukul 18.30 WIB.

Azwar salah satu warga‎ Tanjung Duku, yang rumahnya dekat dengan tempat kejadian, mengatakan dirinya meminta kepada pihak PT Wika untuk mengganti kerugian akibat kejadian tesebut.

"Kami meminta kepada ‎pihak yang berkaitan, kiranya dapat memberikan ganti rugi terhadap kejadian ini," ujar Azwar, Sabtu (18/6/2016).  

Menurutnya, tongkang milik PT Wika menabrak Pelra Tanjungp Duku, sesaat setelah berbuka puasa dan evakuasi tongkang dilakukan oleh pihak PT Wika sekitar pukul 21.00, Jumaat (17/6/2016) malam.

Azwar menjelaskan, selain Pelra yang rusak akibat kejadian itu, warga sekitar tempat kejadian juga mengeluhkan rusaknya alat tangkap yang digunakan para nelayan sekitar, seperti bento, jaring dan Bubu.

"Semua perlengkapan untuk mencari nafkah, hanyut terbawa tongkang, untung saja rumah saya tidak terkena tongkang tersebut," katanya

‎Padahal menurutnya, alat-alat tangkap itu merupakan pencaharian warga sekitar, untuk mencari nafkah sehari-hari demi menghidupi istri dan anak-anaknya.

Dari pantauan lapangan, terlihat Pelra Tanjung Duku tersebut mengalami kerusakan seperti, pos dermaga hancur berkeping-kepingn, dan dermaga itu juga mengalami retak-retak pada bagian jembatan.

Baca: Tongkang Proyek Jembatan Dompak Hantam Pelabuhan dan Rumah Warga di Tanjung Duku

Editor: Udin