Hanyut Terbawa Angin Kencang

Tongkang Proyek Jembatan Dompak Hantam Pelabuhan dan Rumah Warga di Tanjung Datuk
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 18-06-2016 | 11:08 WIB
tongkang.jpg

Akibat angin kencang, dua tongkang proyek Pembangunan Jembatan Dompak lepas dan menghantam Pelabuhan Rakyat dan rumah penduduk di sekitar pantai (Sumber foto: tribunnews.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dua unti tongkang proyek pembangunan Jembatan Dompak, yang hanyut terbawa angin kencang saat hujan lebat melanda Kota Tanjungpinang, menghantam pelabuhan rakyat dan sejumlah rumah warga di Tanjung Datuk, Dompak, Tanjungpinang, Jumat (17/6/2016) malam tadi.

Informasi yang dihimpun BATAMTODAY.COM, hingga pukul 21.00 WIB malam tadi, tongkang masih hanyut ke arah perkampungan Tanjung Datuk dan Tanjung Duku, Dompak, setelah menghantam sejumlah rumah dan keramba ikan milik warga.

Jamal, salah seorang warga Tanjung Datuk, mengatakan, tongkang yang sebelumnya tertambat di proyek Jembatan Satu arah Dompak itu, hanyut terbawa angin setelah tali tamba-nya putus akibat angin kencang ke arah kanan sisi jembatan yang merupakan pemukiman warga. 


"Tongkang pertama hanyut dan menghantam pelabuhan rakyat hingga putus, rumah warga di Tanjung Datuk juga banyak yang roboh," sebut Jamal.

Setelah menghantam pelabuhan dan pemukiman warga, ‎Tongkang kedua kembali hanyut, menghantam lagi sisa Pelabuhan Rakyat yang sebelumnya sudah ditabrak Tongkang pertama.

"‎Saat ini, tongkang masih hanyut ke arah Dompak Lama, sementara Tagboat penarik Tongkang tak berani melakukan penarikan, karena hujan dan angin kencang serta gelombang masih kuat," sebutnya.

Jika hingga malam, kedua tongkang proyek Jembatan Dompak itu belum dapat ditarik, warga Tanjung Datuk Dompak khawatir, sejumlah pemukiman warga di perkampungan yang jaraknya 1 Kilometer ke sisi kanan Jembatan Dompak itu akan habis disapu Tongkang.

"Hingga saat ini,‎ pemilik Tongkang masih berusaha menarik Tongkang dengan Tagboat," ujar Jamal.

Editor: Udin