60 Pelajar Tanjungpinang Berlaga di Lomba Tadarus Ramadan
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 08-06-2016 | 15:58 WIB
lomba-tadarus-ramadan.jpg

Wali Kota dan pejabat Tanjungpinang berfoto bersama usai pembukaan lomba tadaras Ramadan di Masjid Agung al Hikmah. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 60 orang pelajar tingkat SLTA se- Kota Tanjungpinang mengikuti Lomba Tadarus Ramadan yang digagas oleh Remaja Masjid Agung Al-Hikmah, Rabu (8/6/2016).

Lomba yang dipusatkan di Masjid Al-Hikmah Tanjungpinang itu, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Lis Darmansyah, SH.

Dalam sambutannya, Lis mengatakan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadan memberi nuansa Islamiah di Kota Tanjungpinang. "Ini bertujuam untuk menciptakan generasi muda yang Islami, dan kegiatan ini sudah sejak lama dilaksanakan, dan sudah menjadi tradisi turun-temurun yang bisa menjadi pedoman untuk mempertahankan dan menjaga pendidikan keagamaan di kota ini," ucap Lis.

Selain itu, kata Lis, kegiatan ini bukan saja untuk memperbaiki bacaan Al-Quran, tetapi isi kandungannya dapat membentuk karakter generasi yang bertaqwa, karena dalam menjalankan kehidupan sehari-hari sudah berpedoman pada kandungan Al-Quran," kata Lis

Oleh karena itu, Lis menyampaikan apresiasinya kepada seluruh remaja Masjid Agung Al-Hikmah karena generasi-generasi yang bisa mempertahankan kegiatan keagamaan adalah generasi-generasi yang Islami. "Ini ciri khas dari budaya Melayu, Islam adalah Melayu, Melayu adalah Islam," ungkap Lis.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, selaku Sekretaris Masjid Agung Al-Hikmah, mengungkapkan bahwa kegiatan keagamaan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1990. "Berbagai hal telah kita lakukan saat itu, guna membina dan memberikan pemahaman agama bagi generasi kita," ujar Syahrul.

Saat ini, lanjut Syahrul, Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan, akan melaksanakan kegiatan gemar mengaji, Ia menginginkan generasi muda mencintai Al-Quran, menjadikannya sebagai pedoman hidup, dan mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Kegiatan ini bukan hanya seremonial semata, tetapi dinilai oleh tim juri, yang paling penting adalah bagaimana mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari, diaktualisasikan pada diri sendiri, sehingga ada perubahan besar yang terjadi pada diri kita dalam mengamalkan isi kandungan Al-Quran," pesan Syahrul kepada seluruh peserta didik.

Kegiatan tadarus ramadhan tersebut, akan berlangsung mulai 8 s.d 17 Juni 2016, dan diikuti sebanyak 60 orang peserta, terdiri dari 30 putra dan 30 putri dari tingkat SMA dan SMK di Kota Tanjungpinang.

Editor: Dodo