Pemko Tanjungpinang Komitmen untuk Ciptakan Generasi Islami
Oleh : Roland Aritonang
Minggu | 05-06-2016 | 16:47 WIB
lisngaji.jpg

Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah  saat menghadiri Khatamul Quran ke IX dan pelepasan ke VIII TPQ dan TPA Yayasan Ar-Rasyid di Aula Asrama Haji Tanjungpinang, Minggu (5/6/2016)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komitmen Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang untuk menciptakan generasi Islami akan segera terwujud melalui program wajib mengaji di seluruh sekolah se-Kota Tanjungpinang.

"Insya Allah tahun ajaran baru ini, kita akan buat perwakonya, agar setiap jenjang pendidikan yang ada di Kota Tanjungpinang menerapkan wajib mengaji, khususnya bagi peserta didik yang beragama Islam, setiap hari sebelum memulai pelajaran, siswa-siswi membaca Al-Quran berikut terjemahannya," ungkap Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah saat menghadiri Khatamul Quran ke IX dan pelepasan ke VIII TPQ dan TPA Yayasan Ar-Rasyid di Aula Asrama Haji Tanjungpinang, Minggu (5/6) pagi tadi.

Lis menambahkan bahwa Pemberlakuan wajib baca Al-Quran bagi siswa-siswi, kata Lis, dimaksud untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada generasi agar menjadi insan yang Islami dan Qurani.

"Langkah ini kita lakukan untuk menyeimbangi kemajuan teknologi saat ini, kalau tidak diimbagi, kita tidak akan bisa mendapatkan generasi yang akan membangun bangsa ini sesuai syariat Islam ", tuturnya.

Selain itu, sambung Lis, "anak didik kita tidak saja memahami dan melantunkan ayat-ayat dengan baik dan benar, tetapi mereka bisa menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari, paling tidak 3 bulan atau lebih bisa khatam Al-Quran,"

Diakhir sambutannya Lis berharap kepada seluruh kepala sekolah, guru, serta orang tua, untuk mendukung suksesnya program ini, mengajak untuk bersama-sama menciptakan generasi Qurani untuk wujudkan Tanjungpinang sebagai Melayu adalah Islam dan Islam adalah Melayu.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Ar-Rasyid Jamadi Rasyid, mengatakan bahwa yayasan Ar-Rasyid sudah banyak mencetak generasi Qurani di Kota tanjungpinang. Sejak berdiri pada tahun 1993 sampai saat ini sudah lebih dari 3.000 santriwan dan santriwati yang khatam Al-Quran.

"Setelah khatam Al-Quran ini, santriwan dan satriwati semakin gemar membaca Al-Quran," Harap Rasyid.

Khatamul Al-Quran dan pelepasan TPA dan TPQ tersebut diikuti sebanyak 230 orang Santriwan dan Santriwati. Dikesempatan itu, hadir pula Wakil Walikota Tanjungpinang selaku Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang Syahrul. Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan penghargaan/ijazah kepada santriwan/wati yayasan Al-Rasyid.

Editor: Surya