Inilah Kegiatan Kanwil Kemenag Kepri Selama Ramadan
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Sabtu | 04-06-2016 | 10:37 WIB
Kemenag-Kepri.jpg

Kanwil Kemenag Provinsi Keperi memaparkan kegiatanya selama Ramadan (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Keperi, Marwin Jamal, mengatakan menjelang bulan suci Ramadan, akan melakukan Rukyat Hilal awal Ramdan yang akan dilaksanakan di sekitar  Masjid Al-Falah di ‎jalan Puncak Kota Tanjungpinang, Minggu (5/6/2016). Kegiatan ini dilaksanakan bersama Kemenag Bintan dan Kemanag Tanjungpinang

"Untuk menentukan satu Ramadan, marilah kita bersama-sama menunggu pengumuman secara resmi dari Menteri Agama, tetapi kita tetap melakukan sidang Isbat," ujar ‎Marwin saat melakukan konferensi Pers kepada awak media di Kantor Wilayah Kementerian Agama di Senggarang Kota Tanjungpinang, Jumat (3/6/2016).

Marwin juga berharap, mudahan-mudahan antara berbagai ormas tetap juga menunggu dari Pusat dan setelah itu Kanwil Kemenag Kepri akan mendampingi Gubernur Kepri untuk melakukan kegiatan safari Ramadan.

"Safari Ramadan ini akan dilaksanakan di berbagai daerah seperti Tanjungpinang, Bintan, Batam  dan  juga ke Kabupaten seperti Natunan , Anambas dan lain-lain," katanya

Dia juga menjelaskan, kegiatan selanjutnya adalah malam Nuzul Quran tingkat Provinsi dan biasanya Nuzul Quran ini digilirkan oleh masing -masing daerah, tetapi pihak Kanwil Kemenag Kepri sendiri mengadakan sendiri.

"Kegiatan Nuzul Quran ini, kita akan satuni beberapa orang fakir miskin dan anak yatim sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT, ini merupakan salah satu didikan Ramdan rasa kasih sayang kepada orang-orang yang tidak berpunya," paparnya.

Menurutnya, kegiatan selama Bulan Suci Ramdan selanjutnya seperti di Binmas Islam yaitu pemilihan keluarga sakinah teladan di tingkat Provinsi, dan dakwah tingkat Provinsi yang nantinya dapat berlanjut ke tingkat nasional‎.

Selanjutnya, pihaknya juga akan mengadakan acara akhir Ramadan, di mana pada tanggal 5 Juli 2016 yaitu untuk penentuan 1 Syawal.

"Dari seluruh Kemenag itu, sudah diatur sedemikian rupa bagaimana penempatan-penempatan sholat Idul Fitri dengan petugas yang sudah diatur sedemikian rupa di berbagai daerah yang ada di Provinsi Kepulauan ‎Riau," tutupnya.

Editor: Udin