Dinsosnaker Tanjungpinang Optimis Jumlah Anjal Tahun Ini Menurun
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 01-06-2016 | 12:38 WIB
Surjadi.jpg

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Surjadi (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Surjadi, mengatakan jumlah anak jalanan (anjal) pada tahun ini optimis menurun.

"Seperti kita lihat, tidak ada lagi anak-anak jalanan yang sering berdiri-diri di lampu merah yang ada di Kota Tanjungpinang," ujar Surjadi saat ditemui di Aula Embung Fatimah, Dinsosnaker Kota Tanjungpinang, Rabu (1/6/2016).

Surjadi juga menjelaskan, dari data yang ada sebanyak 80 anak jalanan yang dilakukan pembinaan, 90 persennya memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan dan 10 persennya memilih untuk tidak melanjutkan sekolah atau putus sekolah.

"Alasan dari anak-anak ini untuk tidak memilih melanjutkan sekolahnya karena ‎tidak ada kemauan dari diri sendiri," paparnya ‎

Menurutnya, Dinsosnaker Kota Tanjungpinang sudah menyalurkan anak-anak itu untuk disekolahkan di Sekolah Negeri, Swasta bahkan disalurkan ke Pesantren untuk melanjutkan pendidikannya.

‎‎Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah anjal yang kembali ke sekolah pada tingkat Sekolah Dasar itu ada sabanyak 41 anak, untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)  sebanyak 21 anak, untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) ada sebanyak 3 anak, untuk anak yang belum sekolah ada sebanyak 6 anak dan
‎Untuk anak yang putus sekolah dan tidak melanjutkan sekolahnya itu ada sebanyak 9 anak.‎

Editor: Udin