270 Mubaligh se-Kota Tanjungpinang Siap Beri Tausiyah di Bulan Ramadan
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 30-05-2016 | 18:46 WIB
Lis.jpg

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.menghadiri pembekalan bagi Mubalig dan Mubaligh se-Kota Tanjungpinang, di Hotel Sunrise City Tanjungpinang (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bagian Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang menggelar pembekalan bagi Mubalig dan Mubaligh se-Kota Tanjungpinang, di Hotel Sunrise City Tanjungpinang, Senin (30/5/2016). Pembekalan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut secara resmi dibuka oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

Saat membuka pembekalan ini, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, menegaskan pembekalan mubalig dan mubaligh tahun ini harus ada hasil yang berbeda, kreasi maupun pola penyampaian tausiyahnya, sehingga akan ada manfaat dan pesan moral yang bisa dipahami, dimengerti dan dicerna oleh masyarakat.

Mengingat pentingnya peran Mubalig dan Mubaligah dalam mensyiarkan Agama Islam, kegiatan ini dinilainya sangat penting karena para Mubalig dan Mubaligh memiliki peranan penting untuk menyampaikan pesan moral agar bisa membentengi masyarakat, khususnya Agama Islam agar tetap bisa menjaga akidah di tengah perkembangan zaman saat ini.

Oleh karena itu, Lis berharap, pembekalan ini tidak saja menghasilkan outcome semata, tetapi ada impact dari pelaksanaan kegiatan ini. "Kemaslah judul-judul tausiyah yang uptodate dari permasalahan dan perkembangan zaman serta teknologi yang terjadi saat ini. Kuncinya adalah pesan moral yang kita sampaikan dapat diterima dan dicerna dengan baik oleh masyarakat. Paling tidak, pesan yang disampaikan oleh para ulama memberi pengaruh terhadap perbaikan dan tata cara kehidupan mereka," tutur Lis

Asisten Bidang Kesejahteraan dan Kemasyrakatan, Ahadi, mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan pembekalan adalah sebagai wahana terwujudnya syiar agama Islam yang efektif dan mempererat ukhuwah islamiah diantara sesama Mubalig-Mubaligh di Kota Tanjungpinang.

"Ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan Mubalig dan Mubaligh sekaligus memberikan informasi kepada masyarakat guna menanamkan ajaran agama Islam serta meningkatkan wawasan agama kepada masyarakat," ujarnya

Ahadi menjelaskan, pelatihan ini mendatangkan narasumber ustad Samson Rahman, Pengurus Pusat Dai Indonesia, Wakil Walikota Tanjungpinang selaku Ketua DMI Tanjungpinag, Syahrul, serta Rizaldi Siregar, dan akan berlangsung selama hari tiga hari, yang pembukaannya dilakukan pada 30 Mei, kemudian pada 31 s/d 2 Juni kegiatan diisi dengan penyampaian materi penuh oleh narasumber.

Peserta yang mengikuti pembekalan ini adalah para Mubalig dan Mubaligh se-Kota Tanjungpinang berjumlah 270 orang. Mereka nantinya akan mengisi siraman rohani pada bulan suci Ramadan 1437 H di Masjid dan Musholla di Kota Tanjungpinang.

Editor: Udin