Inilah Kecamatan dan Kelurahan Peraih Unit Kearsipan Teladan di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 25-05-2016 | 17:36 WIB
lis-arsip.jpg

Wali Kota Tanjungpinang menyerahkan penghargaan kepada salah satu peraih Unit Kearsipan Teladan. (Foto: Humas Pemko Tanjungpinang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk menyatukan persepsi terhadap standarisasi kearsipan serta pembinaan dan penaatan kearsipan Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Badan Perpustakaan, Arsip dan Museum Tanjungpinang mengadakan kegiatan pemilihan Unit Kearsipan Teladan tingkat kecamatan/kelurahan di lingkungan Kota Tanjungpinang yang dilaksanakan di Comfort Hotel, Rabu (25/5/2016).

Dalam kesempatan itu Wali Kota Lis Darmasyah menjelaskan pada dua tahun lalu Badan Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang sudah melaksanakan kegiatan ini untuk SKPD, dan pada tahun ini kegiatan dilaksanakan untuk tingkat kecamatan dan kelurahan. "Mudah-mudahan di tahun depan kita dapat melaksanakan untuk kecamatan, kelurahan dan SKPD," harap Lis.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk menyatukan persepsi dan menyesuaikan standarisasi kearsipan serta dapat benar-benar mengerti betapa penting kearsipan, yang mana setiap arsip ini juga mampu menyajikan lembaran sejarah," sambung Lis.

Lis juga mengatakan kearsipan di Tanjungpinang sudah memenuhi standarisasi akan tetapi masih besifat sederhana, karena itulah menurutnya penataan kearsipan ini harus lebih ditingkatkan lagi.

"Selepas kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu agar kedepannya penataan dan pembinaan kearsipan dapat menjadi lebih baik lagi, dan jangan sampai nantinya setelah ini malah kembali seperti awal lagi," pesan Lis.

Sambung Lis, bagi yang sudah mendapatkan predikat terbaik dapat mengimplementasikan dan lebih mengembangkan penataan dan pengelolahan kearsipan di lingkungannya. "Dan bagi yang belum menjadi pemenang harus tetap berinovasi dan berkreasi dalam pengelolahan dan penataan arsip di lingkungannya," ujar Lis.

Sebelumnya dijelaskan juga oleh perwakilan Arsip Nasional RI Majuni Susi, kegiatan ini bertujuan untuk dapat memotivasi unit pembinaan dan pengelolahan arsip di Kota Tanjungpinang, dan arsip juga menjadi sebagai bukti sejarah bagi Kota Tanjungpinang dan Indonesia pada umumnya.

Selain itu sambung Susi, enam SKPD yang memdapatkan nominasi nantinya akan dapat menjadi percontohan bagi unit kearsipan lainya.

Kegiatan Pemilihan Unit Kearsipan Teladan tingkat Kecamatan/Kelurahan di lingkungan Kota Tanjungpinang sudah dilaksanakan sejak tanggal 11 hingga 25 Mei, dengan Dewan Juri dari Arsip Nasional RI Majuni Susi, Ersa Pamela dari Perpustakaan, Arsip Provinsi Kepri, Erlison dari Badan Perpustakaan, Arsip Kota Tanjungpinang.

Berdasarkan penilaian serta observasi lapangan yang menjadi pemenang kearsipan teladan teridiri dari 6 pemenang yang terdiri juara 1, 2 dan 3 serta Harapan 1, 2 dan 3. Juara 1 diraih oleh Kecamatan Tanjungpinang Kota, juara 2 Kelurahan Kamboja, juara 3 kelurahan Batu IX, serta harapan 1 kelurahan Tanjungpinang Timur, harapan 2 Kelurahan Kampung Baru, arapan 3 Kelurahan Penyengat.

Editor: Dodo