Hinca Panjaitan Temui Seluruh Bakal Calon Wagub Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 23-05-2016 | 10:02 WIB
hinca_temui1.jpg

Sekjen DPP Demokrat Hica Panjaiatan saat bertemu dengan 11 dari 13 Bakal Calon Wakil Gubernur Kepri yang telah mendaftar di Demokrat. Pertemuan dilakukan di Hotel Aston Tanjungpinang, Minggu (23/5/2016). (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, mengatakan, Calon Wakil Gubernur Provinsi Kepri yang akan diusung dan dicalonkan partainya mendampingi Nurdin Basirun, merupakan kewenangan Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Sementara, itu Ketua DPD-I Demokrat Kepri, Apri Sujadi, mengatakan, seleksi yang dilakukan Demokrat, merupakan tahap awal, dan keputusan dua kandidat calon Wakil Gubernur Kepri yang akan diusung Demokrat akan kembali dikoordinasikan dengan partai pengusung lainya.

Pernyataan Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Hinca Panjaiatan ini, dikatakan pada sejumlah wartawan usai melakukan pertemuan dengan 11 dari 14 bakal Calon wakil Gubernur Kepri, yang difasilitasi DPD I Demokrat, di Hotel Aston Tanjungpinang, Minggu (22/5/2016).

"Karena merupakan kewenangan Majelis Tinggi Partai, maka DPP Demokrat mengeluarkan surat dan rekomendasi ke DPD I Demokrat Kepri, guna melakukan penjaringan calon Wakil Gubernur supaya diberi keleluasan kepada kader dan non kader untuk dipilih dan sekaligus mencari ?Wakil Gubernur yang Terbaik untuk Kepri," ujar Hinca Panjaiatan.

Selain melakukan perkenalan, pada masing-masing bakal calon yang mendaftar ke Demokrat itu, Hinca mengatakan, setelah melalui verifikasi di DPD I Demokrat Kepri, seluruh calon yang dinyatakan lolos akan diserahkan ke Majelis Tinggi DPP Demokrat yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk dipilih sebagai kader terbaik yang akan direkomendasikan DPP Demokrat Pusat sebagai calaon wakil gubernur yang akan disampaikan ke DPRD Kepri.

Terkait dengan penjaringan yang dilakukan yang bukan merupakan persyaratan dalam UU, Sekjen DPP Demokrat ini, mengatakan, partainya memiliki aturan dan mekanisme sendiri. "?Semua Partai punya tata cara mekanisme sendiri, dan Demokrat juga punya Mekanisme dan aturan sendiri," ujarnya.

Mengenai keberadaan partai pengusung lainya, Hinca menyebut, telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan 4 partai pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri dalam memilih 2 Cawagub yang akan direkomendasikan.

"?Sebelumnya sudah bicara, dan saya selalu berkomunikasi langsung dengam partai pengusung lainya," ujarnya. Baca juga: Mustofa Widjaja Pendaftar Terakhir Bakal Cawagub Kepri ke Demokrat

Disinggung mengenai adanya mahar politik dari setiap cawagub yang akan di usung, Sekjen DPP Demokrat, Hinca menegaskan, tidak boleh ada mahar apa pun. "Saya pastikan, ?Demokrat tidak ada deal-deal politik uang dari calon yang akan diusungnya," tegas Hinca.

Sementara itu, Ketua DPD I Demokrat Kepri Apri Sujadi, mengatakan, Pertemuan sejumlah Calon dengan Sekjen DPP Demokrat di Hotel Asron itu, hanya sekedar Perkenalan, dan bentuk penghargaan Demokrat pada calaon yang mendaftar. Selanjutnya, Proses akan dilalui sesuai dengan Mekanisme.

Selain itu, Apri juga menyatakan, selan pelaksanan Pendaftaran yang sudah dilakukan, masih ada proses lain yang akan dilakukan partainya Sebelum nantinya, dilaporkan ke DPP dan dilakukan Penyaringan.

"Masih ada proses yang lain, dan dari pendafaran ini, besok akan saya laporkan ke DPP Pusat, dan penjaringan ini masih sebatas di internal Demokrat, selanjutnya akan ada penyaringan berikutnya," ujar Apri.

Bupati Bintan ini juga menegaskan, pelaksanaan seleksi yang dilakukan Demokrat, merupakan tahap awal, dan keputusan atas dua kandidat calon wakil Gubernur yang akan diusung Demokrat dan Partai Pengusung lainya, akan kembali dikoordinasikan dengan partai Pengusung lainta.

"Tahap awal diinternal Demokrat, keputusan nanti diinternal partai koalisi pengusung. Dan setelah pendaftaran ini selesai, sebelum diputusakan Demokrat, kami akan melakukan koordinasi dengan partai pengusung lainya, karena ini akan menjadi Paket," sebutnya.

Selain itu, Apri juga menyatakan mempersilahakan pada partai pengusung lain untuk melakukan penjaringan cawagub sebagaimana yang dilakukan Demokrat.

Pernyataan DPD I Demokrat ini, bertolak belakang dengan pernyataan Sekjen DPP Demokrat, yang menyatakan Cawagub Kepri yang akan diusung dan dicalonkan Demokrat mendampingi Nurdin Basirun merupakan Kewenangan Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Sebelumnya, sejumlah nama telah mendaftar ke Partai Demokrat, yaitu 14 orang, selain diisi 11 orang kader Demokrat, juga terdapat 3 calon dari luar Partai Demokrat. Mereka adalah, Isdianto, Mustafa Wijaya, dan Mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar.

Editor: Dardani