Ini Solusi Terbaru Transportasi Laut ke Tambelan

Penambahan Rute Disetujui Kemenhub, 28 Mei KM Bukit Raya Singgahi Tambelan
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 21-05-2016 | 11:02 WIB
KM-Bukit-Raya-melintasi-Tambelan.jpg

Akhirnya, Kemenhub RI menyetujui pengoperasian KM Bukit Raya melalui rute Tambelan (Sumber foto: kapal penumpang pelni.blogspot.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Muramis, mengatakan Dirjen Perhubungan Laut, Kementeriaan Perhubungan-RI, telah menyetujui penambahan rute Kapal Pelni ke Tambelan dari pelabuhan Sri Bayintan Kijang.

Persetujuan Dirjen Perhubungan Laut untuk penambahan rute Kapal Pelni KM.Bukit Raya itu, diproses Direktur Lalu Lintas Laut, Adolf Tambunan, dan diteruskan ke Dirjen Perhubungan Laut dan Kementerian Perhubungan untuk diteruskan ke PT.Pelni.

"Mudah-mudahan, pada 28 Mei 2016 mendatang, PT.Pelni, secara resmi telah membuka rute ke Tambelan ini, melalui jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Kijang,‎" ujarnya kepada wartawan di Tanjungpinang.

Selain penambahan rute Kapal Pelni ke Tambelan, tambah Muramis, Dirjen Perhubungan laut juga mengatakan, pelaksanaan tender dan kontrak pemenang perusahaan pihak ketiga yang memperbaikai sejumlah Kapal Printis Kementerian Perhubungan yang saat ini sedang naik docking itu, juga sudah selesai dilaksankan.

"Kontraktor pemenang tender perbaikan kapal printis yang rusak juga sudah ditandatangani, dan 30 Mei 2016 perbaikan pada KM. Sabuk Nusantara 30 dan 39 serta sejumlah kapal Printis lainnya akan mulai dilaksanakan," ujarnya.

Mengenai pengaturan rute, Muramis menyatakan sepenuhnya diserahkan pada PT.Pelni untuk mengaturnya, demikian juga dengan besaran Tiket.

"Untuk besatan tiket dan jalur rutenya, apakah dari Kijang terlebih dahulu langsung ke Tambelan, nanti PT.Pelni yang akan mengaturnya," sebut Muramis.

Expand