Perpustakaan Yusuf Ahmad Diresmikan, Ini Fasilitasnya
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 20-05-2016 | 16:37 WIB
Nurdin-meninjau-perpustakaan--Yusuf-Ahmad.jpg

Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun meninjau  fasilitas perpustakaan Yusuf Ahmad yang dikelola Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gedung Perpustakaan Yusuf Ahmad diresmikan penggunaannya oleh Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun pada Jumat (20/5/2016). Perpustakaan ini dilengkapi berbagai fasilitas, yang diharapkan bisa membuat betah pengunjungnya.

Nurdin mengatakan seiring dengan diresmikannya Perpustakaan Umum Provinsi Kepri itu, diharapkan dapat dimanfaatkan, semaksimal mungkin bagi masyarakat. Selain itu, Nurdin juga mengatakan, perlu dibuat terobosan dan kreativitas, dalam menarik minat baca pada seluruh masyarakat di Kepri.

"‎Perlu dibuat terobosan untuk menarik dan menimbulkan minat baca masyarakat. Ke depan hal ini yang perlu dilakukan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah," ujar Nurdin.

Masih kata Nurdin, selain melakukan kerja sama dengan seluruh pendidik dan orang tua, dalam menumbuhkembangkan minat baca, juga perlu diberi sejumlah sarana yang memadai bagi pengunjung di Perpusatakaan Umum Provinsi Kepri, dalam mengerahkan anak-anak untuk berkunjung dan membaca seingga terhindar dari pengaruh negatif seperti narkoba.

Sementara, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri, Amir Husen mengatakan, peresmian gedung Perpustakaan dan Arsif Daerah Provinsi Kepri itu, dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Pemberian nama M. Yusuf Ahmad pada perpustakaan itu, dikatakan Amir merupakan bentuk penghargaan atas jasa serta pengabdian Yusuf Ahmad sebagai pemrakarsa dalam percetakan semasa Kerajaan Riau Lingga.

Amir menambahkan sempena peresmian Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kepri, juga disejalankan dengan pencanangan minat baca masyarakat di Kepri, dengan pameran dan bazaar buku murah.

 

Expand