Optimalkan Fungsi dan Kegunaan Uang Logam

Jangan Pernah Mau Terima Kembalian Uang Berupa Permen
Oleh : Habibi
Rabu | 18-05-2016 | 16:26 WIB
uang-200-500.jpg

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, Gusti Rizal Eka Putra mengimbau masyarakat Tanjungpinang agar tidak menimbun uang logam di rumah. Karena uang logam yang masyarakat miliki sangat berguna sekali untuk melancarkan program larangan terhadap toko yang memberikan kembalian dengan menggunakan permen.

"Uang logam bagi pengusaha, khususnya supermarket dan mall sangat susah sekali kali mencari uang logam. Karena biasanya uang logam itu dibiarkan tergeletak begitu saja di rumah, atau ditimbun di tabungan anak. Padahal uang logam sangat berguna sekali bagi pengusaha dan tidak merugikan masyarakat bila berbelanja," ujar Rizal saat diwawancarai Rabu (18/5/2016).

Untuk itu, Rizal mengimbau kepada masyarakat agar benar-benar memanfaatkan uang logam yang ada dan jangan pernah menerima kembalian dari pasar atau supermarket berupa permen. Uang logam yang ada dalam tabungan anak bisa langsung ditukarkan ke bank yang mau menerima, dan jika memang tidak keberatan, kata Rizal, gunakanlah uang logam untuk berbelanja.

"Hilangkan budaya malu menggunakan uang logam, karena itu uang, bukan barang rongsokan. Kalau memang ada tabungan anak, ayo tukarkan ke bank, ganti dengan uang kertas atau langsung masukkan saja ke rekening," tegas Rizal.

Gerakan Pemanfaatan Uang Logam serta Gerakan Nasional Non-tunai memang sedang digalakkan BI di Kota Tanjungpinang setelah Selasa (18/5/2016) menandatangani nota kesepahaman bersama Pemko Tanjungpinang.

Editor: Dodo