Pelantikan Nurdin Basirun Diundur Jumat Depan
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 14-05-2016 | 18:29 WIB
Nurdin-Basirun-1452016.jpg

Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelantikan Plt.Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, bersama tiga Gubernur daerah lain seperti Sumut, Riau dan Kalimantan Tengah kembali diundur. Rencananya pelantikan tersebut akan dilaksanakan pada Jumat (19/5/2016) depan, setelah Presiden RI, Joko Widodo, kembali dari lawatannya ke Korea Selatan.

Molor dan tertundanya pelaksanaan pelantikan Gubernur 4 Kepala Daerah Provinsi ini, dibenarkan Kepala Biro Pemrintah Provinsi Kepri, Misni, berdasarkan Informasi yang disampaikan Kementeriaan Dalam Negeri.

"Jadwal pastinya belum dipastikan, tetapi berkemunginan minggu depan, setelah pak Presiden Kembali dari luar negeri, demikian informasi yang kami peroleh dari Kementeriaan Dalam negeri," ujar Misni pada BATAMTODAY.COM, Sabtu (14/5/2016).

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak SH dan Sekretaris DPRD Kepri, Hamdi, mengatakan setelah pelaksanaan Paripurna pengusulan pengangkatan Plt.Gubernur Kepri selesai, DPRD Kepri melalui Sekretaris Dewan saat itu juga telah langsung mengirimkan seluruh administrasi, keputusan serta risalah dan Berita Acara Paripurna pengusulan pengangkatan Plt.Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, ke Presiden melalui Menteri Dalam negeri.     

"Begitu selesai Paripurna pada Selasa (10/5/2016), maka Rabu (11/5/2016) seluruh berkas administrasi keputusan Paripurna DPRD langsung kami antarkan ke Mendagri, dan sampai di sana langsung di proses, untuk dikirimkan ke Presiden, melalui Sekretaris Negara," sebutnya.

Saat itu, tambah Hamidi, staf Kementeriaan Dalam Negeri juga, menyatakan kalau memungkinkan pelaksanaan pelantikan empat Kepala Daerah itu akan dilakukan pada minggu ini dan saat itu strf Kementerian Dalam Negeri menyatakan masih menunggu hasil keputusan Paripurna DPRD Sumatera Utara dalam pengusulan penetapan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nurad, menjadi Gubernur defenitif.

"Informasinya paripurna DPRD Sumut baru dilaksanakan pada, Rabu (11/5/2016) itu, jadi Mendagri juga sedang menunggu keputusan paripurna dan pengajuan dari DPRD Sumut saat itu," jelasnya.

Expand