PNS Harus Mampu Jadi Agen Perubahan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 05-05-2016 | 10:42 WIB
Diklat2-pns-kepri.jpg

Peserta Diklatpim IV berfoto bersama dengan Plt. Sekda Kepri Reni Yusneli. (Foto: Humas Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Plt. Sekdaprov Kepri Reni Yusneli mengatakan bahwa Diklatpim IV yang saat ini sedang diikuti oleh para pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri merupakan sarana untuk membentuk pegawai yang profesional dan bisa menjadi agen perubahan.

"Diklatpim merupakan kegiatan wajib yang ditempuh untuk semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan menggunakan metode baru saat ini, pegawai dituntut untuk mampu menjadi agen perubahan," ujar Reni saat menjadi Narasumber Diklatpim IV, Rabu (4/5/2016) di Hotel CK, Tanjungpinang.

Pada kesempatan ini Reni didampingi Plt. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Provinsi Kepri, Hasbi.

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan IV angkatan IX dan X dimulai sejak Senin,25 April 2016 lalu, dan diikuti oleh 60 peserta yang mana juga dimentori 60 pakar dari SKPD masing-masing, dengan mengusung tema "Pengarahan persiapan pelaksanaan proyek perubahan" memiliki lima tahap pelaksanaan yakni diagnosa perubahan, taking ownership, merancang perubahan membangun tim, laboratorium kepemimpinan dan evaluasi.

Diharapkan peserta yang mengikuti Diklatpim ini kedepannya dapat lebih mewujudkan misi Provinsi Kepulauan Riau yakni menjadikan Provinsi Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu yang sejahtera, berakhlak mulia dan unggul dibidang maritim.

"Aplikasikan apa yang telah didapat dari Diklat ini karena saudara-saudara sekalian lah yang kedepan nanti akan memimpin Kepri," pesan Reni.

Reni juga mengimbau kepada para mentor untuk ikut serta membantu para peserta dalam pelaksanaan Diklat ini, karena peran dari mentor sangat vital dalam perpanjangan tangan menjadikan peserta sebagai agen perubahan.

"Dengan sistem Diklatpim yang baru ini, mentor berstatus atasan dari pesertanya langsung dari masing-masing SKPD, tentu hal ini makin mempermudah untuk lebih mendalami apa permasalahan yang harus diselesaikan di masing-masing SKPD. Peran para mentor ini sangat vital, dengan menuntun, membimbing serta memberikan arahan juga dukungan untuk keberhasilan dari peserta," tutup Reni.

Editor: Dodo