Wali Kota Akui Bakso Berformalin Beredar di Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 02-05-2016 | 13:48 WIB
lis-darmansyah-baru.jpg

Wali kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali kota Lis Darmansyah mengakui adanya peredaran bakso mengandung formalin dan boraks di sejumlah rumah makan yang berada di Tanjungpinang.

"Memang ada sebagian rumah makan yang menggunakan bahan baku yang bercampur formalin ‎dan boraks termasuk pada bumbu-bumbu makanan," ujar Lis saat ditemui pada saat acara Hardiknas di Lapangan Pamedan Kota Tanjungpinang, Senin(2/4/2016).

Menurutnya pada saat contoh makanan itu diambil, pihaknya terus memonitor, dan akan melakukan sosialisasi terhadap rumah makan mengenai bahaya penggunaan formalin dan boraks pada makanan, hari Rabu (4/5/2016) lusa.

"Kita akan melakukan pengecekan secara kontinyu, tetapi kita tidak mengetahui kapan dilakukan pengecekan yang dilakukan ‎oleh Balai Veteriner Bukittinggi. Mungkin pengecekan itu dilakukan secara tiba-tiba," katanya.

Dia juga menjelaskan siang ini akan memanggil semua instansi terkait untuk membicarakan hal tersebut.

Mengenai sanksi yang akan diberikan kepada rumah makan yang terbukti mencampurkan formalin dan boraks, Lis menyebut akan melakukan pembinaan terlebih dulu.

"Kita akan lakukan pembinaan, karena kasihanlah merekakan usaha, dan ada indikasi mungkin para pemilik rumah makan ini tidak mengetahui bahwa bumbu-bumbu yang dibeli dari luar yang mengandung boraks dan formalin sehingga tercampur oleh bahan makanan tersebut," tutupnya.

Baca: Isu Bakso Berformalin Merebak di Tanjungpinang

Editor: Dodo