Kepri Siap Jadi Tuan Rumah Sail Selat Karimata 2016
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 21-04-2016 | 19:03 WIB
sail_karimata.jpg
Kepri siap jadi tuan rumah Sail Selat Karimata 2016 (foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Provinsi Kepri dipercaya sebagai tuan rumah wilayah barat, even nasional Sail Selat Karimata 2016. Sebagai tuan rumah wilayah barat, Kepri juga akan berkolaborasi dengan wilayah timur

Untuk memastikan kesiapan tuan rumah, Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia (Dekin), Aryo Hanggono, meninjau langsung tempat pelaksanaan yang dipusatkan di tepi laut, Tanjungpinang.

Bersama Kepala Dinas Pariwisata Prov Kepri Guntur Sakti, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Kepri Raja Ariza, Aryo terlihat puas dengan persiapan tuan rumah.

“Sejauh ini persiapan sudah sangat baik. Dan tinggal menunggu hari pelaksanaannya saja,” kata Aryo.

Sail Selat Karimata sendiri akan digelar pada 28 April mendatang. Even ini bertujuan untuk membuat model percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil.

Selain itu, dengan even ini diharapkan dapat menggalang keterpaduan, sinergi program dan anggaran untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat secara berkelanjutan.

“Dan yang paling penting adalah mempromosikan lokasi kegiatan sebagai tujuan wisata nasional dan internasional,” kata Aryo.

Selain didukung dengan anggaran dari pemerintah daerah, bagi penyelenggaraan kegiatan ini, juga akan didukung pula oleh anggaran dari sekitar 24 Kementerian yang akan berpatisipasi.

“Mengingat, tujuan utama pada penyelenggaraan Sail Karimata 2016 ini adalah untuk mendukung pembangunan dan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

Kegiatan nasional ini sudah dilaksanakan sejak 2009 dengan tema ketika itu Sail Bunaken. Sail Selat Karimata 2016 di Kepri merupakan even kedelapan. Kegiatan ini bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak target pariwisata di Kepri, bahkan secara nasional maupun internasional.

Editor: Udin