MTQ Provinsi Kepri VI Tahun 2016

Astaka MTQ Kepri Mirip Masjid Nabawi dan Ornamen Lancang Kuning
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 20-04-2016 | 09:50 WIB
Gambar Astaka MTQ tingkat Provinsi kepri 2016.jpg
Gambar maket astaka MTQ Tingkat Provinsi Kepri VI tahun 2016. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - MTQ Tingkat Provinsi Kepri VI tahun 2016 akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepri di Kota Tanjungpinang.

Kepala Biro Kesra Provinsi Kepri, Tarmidi mengatakan, akan dilakukan pembangunan Astaka dengan dana Rp643 juta, dengan seni bena pintu gerbang Masjid Nabawi tersebut akan dihiasi dengan ornamen kapal lancang kuncing.

"Kontraktor pelaksana pekerja pembangunan Astaka MTQ tahun ini, adalah CV. Bena Insan Gemilang selaku kontraktor dengan kontrak Rp1643 juta, dan akan mulai dikerjakan hari ini, Selasa (19/4/2016)," ujar Tarmidi.

Seni Bena sendiri merupakan fitur bangunannya pintu gerbang Masjid Nabawi, yang kemudian dipadu dengan ornamen kapal Lancang Kuning sebagai simbol Islam Maritim yang mengidentikkan Kepri sebagai daerah kepulauan.  

Sebelum dilaksanakan pembangunan Astaqa, tambah Tarmidi, sebagai adat istiadat didahului dengan doa selamat agar pekerjaan pembangunan berjalan dengan lancar, tanpa ada hambatan apapun. Menurutnya, desain astaga yang dibangun saat ini, tidak lepas dari masukan-masukan dari Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. 

"Waktu kita tinggal sebulan lagi. Tentu masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Pada Jumat mendatang, kami juga akan menggelar rapat koordinasi dengan kabupaten/kota untuk persiapan kegiatan," sebut Tarmidi.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk pembangunan astaka MTQ Provinsi, Sumantri, mengatakan pembangunan astaka ditargetkan rampung pada H-3 atau pada 17 Mei mendatang. Menurutnya astaqa MTQ Provinsi Kepri memang dirancang elegan. 

"Nilai kontraknya untuk pembangunan astaka Rp643 juta. Kami harapkan kontraktor bekerja sesuai dengan tanggungjawabnya. Sehingga bangunan astaqa berdiri sesuai dengan harapan," ujar Sumantri menambahkan.

Sebelumnya, MTQ Tingkat Provinsi Kepri tahun 2016 ini, akan dilaksanakan di Daik Lingga, tetapi karena ketidakmampuan anggaran hingga pelaksanaan diambilalih Provinsi Kepri untuk dilaksanakan di ibukota Provinsi. 

Editor: Dardani