Hasil Reses DPRD Kepri Dapil Karimun

Ini Usulan DPRD Kepri untuk Pembangunan di Karimun
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 18-04-2016 | 10:17 WIB
Anggota-DPRD-Kepri-tinjau-j.jpg
Anggota DPRD Kepri dapil Karimun (Sumber foto: Batam Pos)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelaksanaan reses masa sidang pertama tahun 2016 yang dilaksanakan DPRD Kepri dari 29 Maret-4 April 2016, benar-benar dimanfaatkan 7 angota DPRD Kepri untuk bersilaturahmi, serta menampung aspirasi konstituennya di daerah dalam mengajukan sejumlah pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Karimun.


Dari hasil laporan reses, tujuh angota DPRD Kepri dari daerah pemilihan atau dapil Kabupaten Karimun, masing-masing, ING.Irkandarsyah dari partai PKS selaku kordinator, Raja Bakhtiar (Golkar), Joko Nugroho (Demokrat), dr.Jusrizal, Rocky M.Bawole, Ery Suandi, Iskandar, menyatakan telah melakukan pertemuan dan silaturahmi mulai dari Pemerintah Kabupaten, SKPD, dan lembaga lain seperti Camat dan Lurah, bahkan RT dan RW dan masyarakat di Karimun.

Dari hasil pertemuaan tersebut, 7 anggota DPRD Kepri tersebut menuangkan dalam beberapa bidang serta aturan kegiatan di beberapa sektor pelaksanaan pembangunan, yang diusulkan untuk dialokasikan di dalam rencana pembangunan APBD 2017 Provinsi Kepri.

Inilah berbagai bidang serta ratusan usulan kegiatan pembanguan di sejumlah lokasi dan tempat hasil aspirasi konstituen 7 anggota DPRD Kepri dari Karimun itu.

1.Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Pembangunan unit sekolah baru pada SMAN 7 Kundur yang terletak di Kec Kundur Barat, rrhabilitasi perpustakaan SMAN 1 Kundur, pengadaan perlengkapan sekolah, pengadaan mesin fotocopy SMA Negeri 6 Kundur, pengadaan komputer/laptop sekolah SMA Negeri 1 Durai dan SMK Swasta Vidya Sasana.

Selanjutnya, pengadaan marching band di sekolah SMAN 1 Buru, pembangunan ruang laboratorium dan ruang praktikum, pembangunan rumah dinas kepala sekolah,guru dan penjaga sekolah. Revitalisasi/rehabilitasi berat ruang kelas SMAN 1 Kundur, SMAN 1 Karimun, SMN 2 Kundur, SMAN 2 Moro,SMAN 2 Karimun, SMAN 3 Kundur, SMAN 1 Durai.

Kemudian, pembangunan perpustakaan sekolah SMAN 1 Moro, SMAN 6 Kundur, SMKN 2 Karimun, SMA Swasta  Mahadodi, SMK Swasta Yaspika. Pembangunan ruang majelis Guru SMAN 3 Kundur, SMAN 1 Buru, SMKS Yaspika, SMAN 3 Kundur. Pembangunan pagar, taman, lapangan upacara dan paving block.

lalu, pembangunan ruang Unit Kesehatan Sekolah SMAN 3 Karimun. Pembangunan ruang serba guna/aula SMAN 2 Karimun, SMAN 3 Karimun, SMAN 2 Kundur, SMKS Yaspika, SMK Vidya Sasana. Pembangunan ruang ibadah, pembangunan Musholla SMA 2 Moro, SMKS Yaspika. Jaringan instlasi listrik sekolah dan perlengkapannya.

Pengadaan alat praktek dan peraga siswa. Pengadaan meubelair ruang kelas SMAN 2 Karimun, SMA 2 Kundur, SMAN 4 Kundur dan sekolah-sekolah lainnya. Penyediaan sarana dan prasarana sekolah di Kecamatan Moro. Penyediaan sarana dan prasaran Pesantren Ar-Raudhah Kecamatan Tebing. Pembangunasn Ruang Kelas Baru (RKB) pada SMAN 1 Kundur, SMKN 1 Karimun, SMAN 1 Karimun, SMAN 4 Karimun, SMKS Budi Mulia, SMAS Darul Furqan.

2.Bidang Kesehatan


Pembangunan peningkatan dan perbaikan sarana prasarana Pukesmas yakni gedung penunjang program Puskesmas Tanjung Berlian di Kec.Kundur Utara. Pembangunan peningkatan dan perbaikan sarana prasarana Puskesms Pembantu (PUSTU). Pembanguna Puskesmas Desa Ngal, Kec.Ungar, Desa Pulau Jaga Sugie Kec.Moro, rehabilitasi Poskesdes Desa Batu Limau Kec.Ungar, revitalisasi bangunan Poskesdes Kel. Baran Barat Kec.Meral dan peningakatan pelayanan kesehatan melalui Puskesmas Terapung/Ambulan Laut.

3.Bidang Perekomian

Peningkatan program pengembangan industri kecil dan menengah melalui permodalan, pengadaan peralatan produksi berbahan baku kelapa. Pengadaan peralatan produksi berbahan baku ikan. Revitalisasi pembangunan pasar Tanung Batu sebagai sarana perdangangan yang sangat dibutuhkan masyarakat sebagai penunjang dan pengontrol pertumbuhan perekonomian masyarakat.

4.Bidang Infrastruktur

Yang meliputi pembangunan dan peningkatakan jalan, di Tanjung Batu-Sawang sepanjang 17 Kilometer, peningkatan jalan Tanjung Batu-Urung sepanjang 18 KM, pembangunan drainase di Tanjung Batu—Sawang 17 Km, pembangunan  drainase Tanjung Batu-Urung sepanjang 10 Km, peningkatan ruas jalan Sawang pelabuhan Tanjung Maqom Kec. Kundur Barat, peningkatan ruas jalan Sei Asam, Sebeli-Penarah Kec. Belat. Pembangunan jalan parit-paritan (hotmix) Desa Sei Ungar Kec. Kundur.

Selanjutnya, pembanguan jembatan Pulau Parit-Pulau Lumut Kec.Karimun. Pembangunan jalan Parit Gantung (hotmix) Desa Sei Sebesi Kec.Kundur. Semenisasi dan drainase pada setiap Desa, Kelurahan, RT dan RW di wilayahnya.

Lalu, pembangunan drainase Jalan Raja Oesman Kec.Meral, Pembangunan drainase di Jalan Penerbangan Sei Bati Kelurahan Pamak, pembangunan drainasedi Jalan Sudirman (Poros) Kec.Meral, pembanguan drainase jalan menuju Pantai Pak Imam Kec.Meral, pembanguan drainase kawasan perkantoran di Kec.Meral.

Di sektor program pengendalian banjir, DPRD Kepri asal Karimun ini juga mengajukan, program pembangunan breakwater di ruas jalan pesisir pantai Karimun Kec.Karimun-Kecamatan Tebing, pembangunan Revetment kawasan Pamak Laut Kec.Tebing.

5.Bidang Pariwisata

Legislator Kepri asal Karimun ini juga mengusulkan program pembanguan destinasi pariwisata melalui pembangunan pintu gerbang objek wisata air panas Desa Tanjung Hutan Kec.Buru, Semenisasi jalan menuju objek wisata air panas Desa Tanjung Hutan Kec.Buru, pengadaan minibus Pariwisata, Bantuan alat kesenian untuk sanggar seni di Kab.Karimun.

6.Kelistrikan dan Air Barsih

Dalam kelistrikan dan air bersih, DPRD Kepri asal Karimun ini juga mengajukan program pemasangan jaringan listrik di Serinjing Bukit Salemba Desa Tanjung Kilang, Kec.Durai sekitar 3 Km dan pemasangan jaringan listrik antar pulau di Telaga Tujuh, Sandang Semembang dan Akat, Kec.Durai.

Sedangan Kebutuhan air bersih yang selalu meningkat sesuai dengan pertumbuhan penduduk dan perekonomian, juga diusulkan pengelolaan air bersih yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat dan dapat menjangkau seluruh wilayah pulau di Karimun.

Dari hasil resesnya, 7 anggota DPRD dapil Karimun ini juga menampung aspirasi masyarakat di Kecamatan, Desa/Kelurahaan dan bahkan RT dan RW. Diantaranya dengan mengusulkan, permintaan bantuan dana yang diajukan warga Kecamatan Durai untuk meneruskan pembangunan tempat ibadah yang belum terselesaikan di Mesjid Nur Jabal di Tanjung Kilang Kec.Durai.

Begitu juga permintaan bantuan pemasangan jaringan listrik di Serinjing Bukit Salemba Desa Tanjung Kilang Kec. Durai sekitar 3 Km dan pemasangan jaringan listrik antar pulau di Telaga 7, Sandang, Samembang dan Pulau Akat Kec.Durai. Perbaikan pembangunan dinding penahan ombak dan perbaikan jalan aspal di pasir panjang, Bukit Selebak, Desa Tanjung Kilang Kec.Durai.

Pelaksanaan pembangunan dinding penahan tanah dan drinase di Teluk Buntal Kec.Durai, serta perminatan bantuan dana oleh Warga RT.03/ RW.01, Kelurahan Teluk Air, Kec.Karimun untuk melanjutkan pelaksanaan pembangunan tempat ibadah yang belum terselesaikan di Mesjid Darul Jannah.

Warga Perum Puri Granit Indah, Darussalam, RT.04/RW.01, Kec Meral Barat, juga meminta pengaspalan jalan di area RT.04/RW.01 sekitar 450 meter x 8 meter, serta bantuan meneruskan pembangunan tempat ibadah yang belum terselesaikan di Mesjid Baitul Jamil.

Demikian juga pengusulan permintaan warga Tanjung Batu, Kelurahan Sawang, Kec.Kundur Barat yang meminta bantuan pengaspalan jalan di batu 8, untuk menutupi lubang-lubang akibat terkelupas di saat musim hujan dan diantisipasi dengan pemasangan gorong-gorong.

Demikian juga dalam pelaksanaan reses dengan Camat Kabupaten Karimun, juga dilakukan pembahasan sejumlah permasalahan serta pengajuan sejumlah kegiatan pembangunan sarana fisik dan kegiatan lainnya.

Editor: Udin