Ini Usulan Program Pembangunan Kepri 2017 ke Jakarta
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 15-04-2016 | 10:02 WIB
Kepala-Badan-Perencanaan-Pembangunan-Bappeda-Provinsi-Kepri-Naharudin.jpg
Kepala Badepa Kepri, Naharudin. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri akan mengusulkan sejumlah program pelaksanaan pembangunan infrastruktur ke pemerintah pusat. Diantaranya adalah mendorong dalam Musrembang pembangunan nasional di pusat melalui dana-dana alokasi khusus ataupun dana desentrasliasi, penambahan kapal laut di Provinsi Kepri.

Itu mengingat sampai saat ini, dari 2 kapal perintis dan Kapal Pelni yang melayari sejumlah pulau di Kepri, belum cukup. "Kalau bisa ada tamabahan dua unit kapal lagi, hingga dalam satu kali empat hari, rute pelayaran kapal dari dan ke Natuna dan Anambas dapat dilayani," tutur Kepala Badepa Kepri, Naharudin.

Sebelumnya, kata Naharudin, Pemerintah Provinsi Kepri telah melakukan koordinasi dengan satuan kerja Kementeriaan Perhubungan, dan tahun depan direncanakan akan ada menambah 2 kapal untuk Kepri. 

"Tahun ini, Kementeriaan Perhubungan sedang melakukan pembangunan 50 unit kapal di seluruh Indonesia, dua unit kapal diantarantaranya akan dioperasikan untuk Provinsi Kepri," ujarnya.

Selain itu, tambah Naharuddin, dana pusat juga diharapkan untuk pembanghunan Bandara di Letung Kabupaten Anambas serta  bandara di Tambelan Kabupaten Bintan.

"Kita juga mengajukan ke pemerintah pusat pembangunan jalan-jalan nasional di Provinsi Kepri, terutama jalan lintas barat untuk menyambung ke lintas timur, kemudian jalan lintas timur Bintan itu nanti akan menyatu ke jalan lingkar Bintan-Tanjungpinang," paparnya.

Selain itu, pembangunan 2 jembatan di Pulau Bayen dan Sungai Nyirih di pusat kota Pemerintahan Provinsi Kepri, untuk menghubungkan jalan lingkar lintas barat dan lintas timur, juga diharapakan dapat dialokasikan dari APBN 2017. 

"Harapan kita program ini akan mendapat dukungan dari APBN. Karena  DED-nya akan dibuat dan dibiayai oleh pemerintah Provinsi Kepri, yang penganggaranya tahun 2016 ini sudah dialokasikan didalam APBD kepri," lanjut Naharuddin. 

Di Natuna, tambahnya, akan ada pengajuaan pembangunan pelabuhan di Pulau Laut, Pulau Midai, pelabuhan di Serasan yang diharapkan alokasi danaya tercover dari APBN. Demikian juga di Natuna juga akan ajukan pembangunan lanjutan aspal jalan Batubi dengan panjang 25,9 kilometer. 

"Sedangkan di Lingga, juga akan diajukan pembangunan jalan di Sei Tenam, dan Resun, ditambah sejumlah sarana dan prasana pembangunan lainya," sebutnya lagi.

Editor: Dardani