Pemprov Kepri Dorong Program Konektivitas Transportasi
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 15-04-2016 | 09:38 WIB
Satu Unit Kapal Angkutan Anak Sekolah Bantuan Dari Star Energy Kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.jpg
Kapal yang menjadi transportasi utama di Kepri. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri akan meneruskan program pembangunan yang mendorong konektivitas transportasi darat, laut dan udara. Khususnya, di  Natuna, Anambas dan Lingga (NAL) untuk memperlancar arus orang dan barang. 

Program ini adalah salah satu program unggulan almarhum H. Muhammad Sani, mantan Gubernur Kepri dalam visi dan misinya mewujudkan Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu, yang sejahtera, berakhlak mulia, ramah lingkungan dan unggul dalam maritim. 

Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, apa yang menjadi visi dan misi almarhum akan terus dilanjutkan. "Kita akan melanjutkan pembangunan di Kepri sebagai mana cita-cita almarhum gubernur kita, dan pembangunan ini tidak cukup hanya dengan mengharapakan pemerintah. Tetapi juga harus melibatkan semua sektor dan masyarakat, termasuk pengusaha," jelas Nurdin. 

Sementara itu, Kepala Badepa Kepri, Naharudin mengatakan, selain mendorong peningkatan konektivitas transportasi di Kepri, sejumlah sektor yang menjadi sasaran program pembangunan Kepri ke depan adalah meningkatakan pembangunan Infrastruktur. 

"‎Infrastruktur, sebagaimana yang pernah disampaikan almarhum, juga menyangkut perhubungan, jalan dan jembatan, peningkatan sektor pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan. Serta ketersediaan air dan listrik, sebagaimana pesan almarhum Gubernur HM.Sani agar pembangunan Waduk Kawal dapat dimulai pada tahun 2017 ini," tutur Naharudin. 

Saat ini, tambah Naharudin, ‎dalam APBD dan APBN sudah diupayakan, dan atas dasar persetujuan Kementeriaan PU Bagian Pengairan IV wilayah Sumatera, tahun 2016 ini, telah dialokasikan lebih kurang Rp.4 Milliar dana dari APBN untuk pelaksanaan pembangunan waduk Kawal. 

"Selsanjutnya, pada APBD 2017 Provinsi Kepri akan mengalokasikan dana ganti rugi lahan lokasi pembangunan waduk, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bintan. Demikian juga nantinya pembangunan saranan jalan ke lokasi kawasan waduk, akan dibangun menggunakan APBD Kepri," lanjutnya. 

Editor: Dardani