Ini Harapan Pusat ke Pemerintahan di Kepri

Mendagri Minta Aparatur Tiru Dedikasi dan Pengabdian HM Sani
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 09-04-2016 | 20:32 WIB
di_TMP_Pusara_Bhakti_TPI.jpg
Mendagri menjadi Inspektur dalam pemakaman almarhum Gubernur Provinsi Kepri di TMP Pusara Bhakti Tanjungpinang

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Selain memberikan apresiasi dan penghargaan pada HM.Sani, Menteri Dalam Negeri,  Tjahyo Kumulo juga mengatakan, almarhum Gubernur Provinsi Kepri itu, merupakan aparatur yang loyal dan siap melaksanakan dengan segera, perintah dan arahan Pemerintah Pusat di Daerah.

"‎Setiap ada ada Perintah Pusat, HM Sani tidak pernah mengatakan tidak, tetapi selalu menjiwai dan menyatakan, siap akan saya laksanakan dengan baik," ujar Tjahyo Kumulo usai menjadi Inspektur dalam pemakaman almarhum Gubernur Provinsi Kepri di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Tanjungpinang, Sabtu (9/4/2016).

Sebagai seorang aparatur,  Tjahyo Kumulo juga mengatakan, dedikasi dan pengalaman HM Sani sebagai alumni IPDN, hendaknya dapat ditiru dan dilaksanakan seluruh aparatur Negara, khususnya di Provinsi Kepri. Sehingga semangat dan dediaksi almarhum akan menjadi revolusi mental bagi generasi muda dan seluruh masyarakat Kepri.

Menyangkut tindak lanjut pemerintahan dan program pembangunan di daerah, kader PDIP ini mengatakan, pimpinan Kepala Daerah, khususnya pasangan Gubernur HM Sani dan Nurdin Basirun harus mengikuti program Nawacita Presiden dan mewujudkan janji-janji kampanye sebagai calon Kepala Daerah sebelumnya.

"Janji kampanye Sani dan Nurdin Basirun harus dijabarkan dalam RPJM dan RPJP, tidak bertentangan dan harus disingkronkan dengan program Nawacitanya Jokowi, sebagai program pemerintah Provinsi, yang wajib dilaksanakan dan direncanakan dengan pembahasan bersama dengan DPRD serta didukung seluruh aparatur Pemerintah," jelasnya.

Selain itu, perlu membangun ‎kemitraan dan sinerji dengan seluruh aparatur dan masyarakat. Sebab ‎kalau ada sinergitas dalam pelaksanaan program pembangunan, khususnya konektivitas antar daerah dan antar pulau di Kepri, akan dapat cepat diwujudkan dan mempercepat pemerataan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Kepri harus berbenah, untuk mengejar kompetisi pelaksanaan pembangunan ke depan, dan pelaksanaan program pembangunan harus terintegrasi dengan pelaksanaan pembangunan Nasional," jelasnya.

Editor : Udin