Bumi Segantang Lada Menangis

Jenazah Ayah Sani Disholatkan Ribuan Jamaah
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 09-04-2016 | 13:11 WIB
IMG-20160409-WA060.jpg
Jenazah Ayah Sani Disholatkan Ribuan Orang di Masjid Al Hikmah Tanjungpinang (Foto : Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ribuan jamaah warga Kepulauan Riau (Kepri) dari berbagai kalangan turut serta menghantar dan menyolatkan jenazah almarhum "Ayah Kita" HM. Sani di Masjid Raya Al-Hikmah, Kota Tanjungpinang, Sabtu (9/4/2016) sekitar pukul 12.00 WIB.


Sholat jenazah itu sendiri di-imami oleh Ketua LAM Provinsi Kepri Abdul Razak. Sedangkan Fardu Kifayahnya dipimpin oleh Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul.

Seakan ikut berduka, Kota Gurindam Tanjungpinang diguyur hujan, sebagai pertanda Bumi Segantang Lada ini turut menangis, menghantarkan kepergian pemimpin yang bergelar "Si Untung Sabut" tersebut.

Masjid Raya Al-Hikmah sendiri, tidak mampu menampung jamaah yang ikut menyolatkan jenazah "Ayah Kita" itu. Sebab, dari daya tampung Masjid yang hanya mencukupi bagi 1.500 orang itu, terlihat jamaahnya meluber hingga ke kaki lima dan bahkan hingga ke jalan raya.

Sementara di Gedung Daerah Tanjungpinang, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terlihat telah hadir bersama sejumlah pejabat lainnya, untuk pelaksanaan upacara penyemayaman jenazah Gubernur Provinsi Kepri HM. Sani secara militer, yang akan dimulai dari Gedung Daerah.


Prosesi acara penyemayaman jenazah, akan diawali dengan penyerahaan jenazah dari keluarga ke negara. Selanjutnya, Inspektur Upacara yang akan memimpin pelaksanaan penyemayaman di Gedung Daerah tersebut yakni Danlantamal IV TNI-AL Laksamana S.Irawan. Sedangkan yang bertindak selaku Komandan Upacara dipimpin oleh Mayor Laut (S) Dharma S Lumban Gaol.

Selanjutnya, upacara penghantaran akan dilakukan personil penghormatan, pengusung jenazah, pembawa karangan bunga, Pasukan Salvo, Pasukan Kehormatan serta Pasukan Petunjuk Jalan.

Lalu, ribuan warga dan anak sekolah di Kota Tanjungpinang, juga akan berjejer di sepanjang jalan, dari Gedung Daerah hingga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti di Km 5 Tanjungpinang, untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum "Ayah Kita" Gubernur Provinsi Kepri, HM Sani.

‎Kemudian di TMP Pusara Bhakti Km 5, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, akan bertindak sebagai Inspektur Upacara, untuk memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah almarhum Gubernur Kepri HM. Sani.

‎Selamat Jalan Ayah Kita..! Selamat Jalan Untung Sabut, Selamat Jalan Pemersatu Suku di Kepri. Jasamu akan Tetap Dikenang Sepanjang Masa.

Editor: Udin