Peringatan HUT ke-70 TNI-AU Lanud Tanjungpinang

Siapkan Prajurit yang Powerful Menghadapi Cyberwar dan Spacewar
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 09-04-2016 | 12:38 WIB
IMG_20160409_085004.jpg
Komandan Lanud TNI-AU Kolonel Png.Ign Wahyu Anggono S.E memimpin upacara HUT TNI AU ke-70 (Foto : Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Memperingati Hari Ulang Tahun ke-70 TNI-AU, Pangkalan Udara (Lanud) TNI-AU Tanjungpinang menggelar upacara bendera dan pemotongan tumpeng , Sabtu (9/4/2016).

HUT TNI-AU ke-70 ini mengusung tema, "Dilandasi Moralitas, Intergeritas, Propesionalitas dan Militasi, TNI Angkatan Udara Siap mengamankan Wilayah Dirgantara dalam Rangka Penegakan Kedaulatan dan Keutuhan NKRI".

Komandan Lanud TNI-AU Kolonel Png.Ign Wahyu Anggono S.E mengatakan, ‎perkembangan lingkungan strategis menciptakan tantangan baru, seperti isu power politik yang masih sangat menonjol.

"Permasalahan lintas Negara yang harus diperhatikan TNI-AU sebagai komponen bangsa antara lain, masalah ISIS, Ilegal Fishing, Ilegal Loging, Human Traficking dan peredaran narkoba. Semua ini memerlukan peran aktif bersama komponen bangsa lainnya guna mencari solusi," ujar Wahyu.

‎Pada kesempatan ini, dia menyampaikan kutipan Presiden Sukarno pada Bulan April 1955 bahwa, kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional, karena Kekuatan Nasional udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern.

Menurutnya, untuk menyiapkan Angkatan Udara yang powerful dan bersinergi dalam multi dominan integration, diperlukan pengawakan organisasi yang mampu menghadapi Cyber War dan Space War.

"Sistem komando dan kendali harus membuka peluang bagi seluruh jajaran angkatan udara untuk memberikan bottom-Up innovation dan memberikan inisiatif untuk mendapatkan sistem yang teruji," tegasnya.

Komandan Lanud TNI-AU Kolonel Png.Ign Wahyu Anggono S.E juga mengharapkan kepada seluruh segenap anggota Angkatan Udara agar mengimplementasikan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai landasan moral, tingkatkan dispilin, loyalitas sekaligus budaya berfikir kreatif, inovatif dan solutif.

Selain itu juga setiap prajurit diminta memelihara dan merawat alutsista dengan menetapkan budaya sefety‎, bina dan tingkatkan koordinasi dengan sesama Anggota TNI, Polri dan masyarakat, dan tingkatkan profesionalisme melalui belajar dan berlatih yang hebat.

Upacara ini juga dihadiri oleh, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Asisten I Bupati Bintan, Dandim 0315 Bintan, Kapolres Bintan, Danyon Marhanlan IV, kasatpol PP Provinsi, Danlanudal, Kepala Bandara RHF, Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 13/D, Ibu-ibu IKKT dan tamu undangan lainnya

Editor: Udin