Hari Pertama UN SMA Sederajat di Tanjungpinang Lancar
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 04-04-2016 | 14:03 WIB
un.jpg
Ujian Nasional berlangsung lancar. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Walaupun Hujan Lebat Yang disertai Petir, Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat berjalan dengan Lancar dan aman,Senin(4/4/2016).


"Hari pertama UN berlangsung berjalan dengan lancar, tidak ada pemasalahaan mulai dari UN yang berbasis Komputer maupun UN Nasional yang secara tertelis," ujar Drs Soemantri, Ketua Pelaksanaan Ujian Nasional SMA Sederajat Kota Tanjungpinang. 

Soemantri mengatakan mekanisme pelaksanaan UN SMA sederajat yang hari ini dilaksanakan sistem pengawasaannya silang, sementara pihak kepolisian tidak diperkenankan maasuk dilingkungan sekolah. 

"Polisi tidak diperkenankan masuk seperti beberapa tahun yang lalu, hanya pada tahun ini polisi hanya melkukan penjagaan terhadap soal-soal ujian di Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang dan setelah itu polisi hanya mengawal pengantaraan soal-soal UN yang akan di antar kesekolah-sekolah," ungkapnya

Dalam UN hari pertama dengan Mata Ujian Bahasa Indonesia diikuti oleh 2.806 siswa dari 2807 siswa. Satu  orang berhalangan hadir, karena dalam keadan sakit.

‎"Ada satu siswa yang tidak hadir dari SMK N 3. Untuk yang tidak ikut ujian nasional hari ini akan diadakan unjian Susulan yang serentak diadakan pada tanggal 11-13 Apri untuk ujian tertulis, sedangkan untuk UNBK ujian susulan akan dilaksanakan pada tanggal 18-20 April 2016," katanya 

‎Dia juga menjelaskan bagi siswa yang ingin memperbaiki nilai UN, pihaknya akan mengadakan ujian perbaikan untuk nilai UN pada Okterber 2016. 

"Ujian perbaikan ini bagi siswa yang nilainya di Bawah 55, ini tidak diwajibkan untuk mengikuti ujian perbaikan ini, sifatnya bagi yang berminat saja," tutupnya.

Editor: Dardani