Selain Proyek Jembatan Dompak

Dinas PU Kepri Juga Perpanjang Kontrak Proyek PT ABM Senilai Rp31 Miliar
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 09-03-2016 | 16:38 WIB
coastway-dompak.jpg
Pembangunan coast way menuju Dompak yang belum selesai. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Selain proyek multiyears pembangunan Jembatan Dompak yang roboh, ternyata Dinas Pekerjaan Umum Kepri juga memperpanjang kontrak masa pekerjaan pembangunan coast way dan jembatan Jalan Basuki Rahmat menuju Jembatan Dompak dengan nilai Rp31 miliar yang dikerjakan oleh PT Alam Beringin Mas (ABM) milik Akim. 

Kendati tidak jelas alasan penambahan masa kontrak kerja, proyek tahun tunggal 2015 yang seharusnya selesai per Desember 2015 ini, namun kenyataannya, hingga Februari 2016 pengerjaan coast way yang sebelumnya dikeluarkan dari kontrak multiyears Jembatan Dompak ini, masih terus dikebut dan dikerjakan kontraktor PT Alam Beringin Mas. 

Kepala Dinas PU Kepri Heru Sukmoro didampingi Kepala Bidang Bina Marga dinas PU Rodiyantara mengatakan, perpanjangan kontrak pembangunan jalan dan coast way menuju Jembatan Dompak kepada PT ABM milik Akim, dilakukan atas terhalangnya pihak kontraktor melakukan pengerjaan, akibat banyaknya material dan peralatan PT Waskita Karya tertumpuk di kawasan jalan. 

"Harusnya memang pekerjaan jalan itu sudah rampung per Desember 2015, tetapi karena pekerjaan terhalang material dan peralatan PT Waskita Karya dalam pekerjaan jembatan,‎ sehingga pengerjaannya tidak dapat secara maksimal dilakukan kontraktor PT ABM, dan atas dasar itu, Dinas PU memaklumi, dan diberikan penambahan waktu masa pekerjaan hingga April 2016," ujarnya.

Rodiyantara juga mengatakan, sebelum adendum atau penambahan masa pekerjaan, progress yang dilakukan PT ABM per  Desember 2015 lalu baru sekitar 75 persen, sedangkan progres pencairan dana diatas 50 persen atau sekitar Rp15 miliar dari Rp31 miliar nilai kontrak. 

"Inilah yang menjadi pertimbangan bagi kami untuk menambah waktu masa pekerjaan dari Desember 2015 hingga April 2016 dan harus selesai," ujarnya. 

Pengerjaan Jembatan Dompak Diperpanjang Hingga Juni 2016 
Selain hal tersebut, dia juga mengatakan penambahan masa kerja kontrak multiyears, pembangunan Jembatan Donpak yang sebelumnya roboh saat ini dudah kembali dimulai. 

Selain membersihkan puing dan material di lokasi tiang yang roboh, saat ini pembongkaran traveler juga sedang dilakukan demikian juga balok jembatan pada pear atau tiang juga akan dilaksanakan. 

"Traveler dan balok yang ada di atas tiang yang roboh semua akan diangkat. Baru dilakukan  pemasangan kembali," sebutnya. 

Dengan penambahan waktu masa pekerjaan selama 6 bulan, atau hingga Juni 2016 nanti, Dinas PU Kepri, menargetkan pembangunan Jembatan I Dompak yang menelan dana Rp312 miliar itu akan selesai tepat pada waktunya.

Editor: Dodo