Nurdin Basirun Harapkan Pelabuhan Brakit dan Dompak Segera Dioperasikan
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 04-03-2016 | 12:01 WIB
IMG_20160303_170009.jpg
Wagub Kepri, Nurdin Basirun saat sidak di Pelabuhan Brakit dan Dompak (Foto : Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Gubernur Privinsi Kepri Nurdin Basirun mengatakan, dengan miliaran alokasi dana serta lamanya pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan, infrastruktur Pelabuhan Tanjung Brakit-Bintan dan fasiltas Pelabuhan Dompak yang dibangun Kementerian Perhubungan Pusat dapat segera dioperasikan, dalam menunjang ekonomi dan visi maritim Provinsi Kepri.

"Atas pelaksanaan pembangunan infrastruktur ini, kita mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, Namun hendaknya dengan pelaksanan yang sudah lama dan telah menghabiskan banyak biaya ini, harapan kami pelabuhan ini dapat segera difungsikan, dalam mewujudkan program menjadikan Kepri unggul dibidang maritim," ujar Nurdin Basirun, disela peninjuaan secara langsung, kondisi dan pelaksanaan pembangunan proyek Faspel Tanjung Brakit-Bintan, dan Faspel Pelabuhan Dompak, Kamis,(3/3/2016).

Sebab menurutnya, tanpa dukungan infrastruktur yang sudah dilaksanakan saat ini, pelaksanan program pembangunan dibidang maritim di Kepri tidak akan mungkin dapat dilaksanakan.

Namun ketika disinggung mengenai progress pelaksanaan, target dan percepat penggunaan atas laporan dari PPK, kontraktor maupun Kepala Satuan Kerja, KSOP Tanjung Uban dan KSOP Tanjungpinang, Nurdin Basirun malah tidak mengetahui. Sebab dalam kunjungan ini, dirinya tidak mendapat Informasi dari PPK maupun Satuan Kerja Kementerian yang melaksnaakn proyek pembangunan tersebut.

"‎Saya turun sendiri, tidak ada tadi PPK maupun Kepala Satuan KSOP-nya yang mendampingi dan untuk teknisnya belum dpaat laporan, Tetapi sudah  melihat secara fisik dilapangan untuk mengetahui kondisi terkini. Selanjutnya, dalam mempercepat penggunaan dan pengoperasian dapat kita gesa melalui laporan Pemerintah Provinsi nantinya ke Pusat," sebutnya.

Pemerintah Provinsi ujar Nurdin, sangat berharap pelaksanaan pembangunan dua fasilitas Pelabuhan yang dibangun Pemerintah Pusat ini dapat segera selesai dan dapat dimanfaatkan dan dioperasikan.

"Kalau secara Fisik, Faspel Pelabuhan yang di Tanjung Brakit-Bintan, ‎kami lihat sudah siap, dan tinggal pelaksanaan operator yang mengoperasionalkannya aja, dapat segera digesa," ujarnya.

Nurdin juga mengharapkan, dalam pelaksanaan operasional, nantinya Kementerian Perhubungan Pusat, juga hendaknya dapat melibatkan Pemerintah Daerah, khususnya dalam memberikan pelayanan serta profit-sharing yang diperoleh.

Baca : Proyek Pelabuhan KSOP Tanjungpinang di Dompak Tak Kunjung Selesai

Editor : Udin