Terkait Tertangkapnya Kapal FV Viking Buruan Interpol

Dua Wartawan Norwegia Temui Pangarmabar di Jakarta
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 04-03-2016 | 11:20 WIB
wartawan.jpg
Pangarmabar Laksda TNI A. Taufiq R  wawancara dua wartawan Norwegia terkait keberhasilan TNI AL Menangkap Kapal FV Viking buruan Interpol (Sumber foto : Dispen Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A Taufiq R, didampingi Asintel Pangarmabar Kolonel Laut (E) Angkasa Dwipua, Asops Pangarmabar Kolonel Laut (P) I Gusti Kompiyang Aribawa, Aspers Pangarmabar dan Kadispenarmabar menerima kedatangan wartawan Norwegia di Ruang VVIP, Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta Pusat, Kamis (3/3/2016).

Kedatangan dua wartawan asing, masing-masing Eskil Engdal dan Kjetil Saeter dari media Dagens Naeringsliv Norwegia yang didampingi Yanuar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI tersebut, dimaksudkan untuk wawancara dengan Pangarmabar, terkait keberhasilan Koarmabar, Lantamal IV Tanjungpinang dan Wing Udara-2 menangkap kapal FV Viking buruan Interpol Norwegia.

Kadispen Lantamal IV, Mayor Laut (KH) Drs.Josdy Damopolii menjelaskan, Kapal buronan interpol, sesuai dengan Interpol Purple Notice Kepolisian Norwegia itu, beberapa hari yang lalu berhasil ditangkap KRI Sultan Thaha Saifudin-376, berkat kerjasama Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Lantamal IV Tim Wetern Fleet Quick Response (WFQR) dan Wing Udara-2.

Sementara itu pada Rabu tanggal 2 Meret 2016, ketiga awak kapal FV Viking telah dibawa ke Jakarta, masing-masing Juan Domigo Nelson Venegas Gonzales (Kapten/Argentina), Elmer Jose Diaz Isla (Deck Boasman/Peru), Agus Subiyanto (First Officer/Indonesia) yang sekaligus sebagai penerjemah bahasa latin.untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Direncanakan dalam waktu dekat Koarmabar/Lantamal IV dan KKP akan membawa Kapal FV.Viking ke Jakarta untuk pemeriksaan lanjutan, dibawah pengawasan ketat Tim TNI AL yang sudah dibentuk.

Editor : Udin