Festival Pulau Penyengat Sukses Tarik Wisatawan
Oleh : Habibi Khasim
Kamis | 25-02-2016 | 12:11 WIB
20160224120532_IMG_5599.JPG
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah memberikan pila kepada pemenang lomba pada Festival Pulau Penyengat (Foto : Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah diselenggarakan selama empat hari, Festival Pulau Penyengat (FPP) yang dilaksanakan Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI, berlangsung sukses.

Suksesnya penyelenggaan festival yang berlangsung mulai 20-24 Februari itu, mampu menarik minat para  peserta dari dalam dan luar negeri yang akan mengikuti 23 ivent perlombaan. Diantaranya gurindam 12, pentas seni, olahraga budaya, serta seminar yang disajikan panitia.

Festival Pulau Penyengat itu, secara resmi ditutup oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, di halaman Balai Adat Pulau Penyengat, Rabu (24/2).

Acara penutupan FPP tahun 2016 itu, dihadiri Kapolres Tanjungpinang, unsur Pimpinan FKPD, Sekdako Tanjungpinang, Riono, Ketua TP-PKK, Yuniarni Pustoko Weni, Anggota Dewan, jajaran Kepala SKPD, jajaran SKPD Provinsi Kepri, Camat, Lurah, serta masyarakat pulau penyengat yang antusias menyaksikan rangkaian penutupan festival tersebut.

Dalam sambutannya, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, menyampaikan puji syukurnya kepada Allah SWT, karena selama empat hari festival ini berlangsung dengan aman dan sukses.

"Alhamdulillah, selama empat hari, festival pulau penyengat telah berjalan dengan aman dan tertib, meskipun festival ini dilaksanakan dalam kondisi cuaca yang kurang mendukung, namun kondisi itu, tidak mengurangi partisipasi masyarakat untuk meriahkan acara ini", ujar Lis

Sehingga menurut Lis, masyarakat pulau penyengat sangat peduli akan budaya hingga festival tersebut sukses digelar.

Lis mengatakan, dengan gelaran Festival pulau penyengat ini, telah menambah wisata budaya di Tanjungpinang, disamping nilai sejarah yang dimiliki pulau penyengat. Selain itu, festival ini memberikan perubahan bagi perekonomian masyarakatnya.

" Mudah-mudahan festival ini memberikan manfaat bagi masyarakat dan perkembangan pariwisata," kata Lis

Kedepan, kegiatan ini akan di evaluasi kembali, apa yang menjadi kekurangannya. Baik dari segi keluhan-keluhan maupun saran dari para peserta. Semuanya akan menjadi catatan, supaya festival ini dapat dikemas lebih baik lagi.

"Nantinya kita akan menggerakkan semua sektor, seperti UMKM. Sehingga  festival ini dapat terus berkelanjutan, baik itu dari  pengembangan pariwisatanya maupun peningkatan  ekonomi masyarakatnya, dengan demikian festival ini akan menjadi festival yang paling diminati wisatawan," ucapnya

Diakhir sambutannya, Lis menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat pulau penyengat, Kementrian Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi yang telah mendukung terlaksananya festival ini.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi pada festival ini. Dengan festival ini, diharapkan dapat membudayakan masyarakatnya dan pulau penyengat dapat menjadi daerah percontohan, dimana pulau ini merupakan pusat sejarah melayu Riau-Lingga," tutup Lis

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram mengatakan, festival yang menyajikan 23 item perlombaan itu telah berjalan dengan lancar, Peserta yang mengikuti festival ini pun tidak saja berasal dari Kepri. Akan tetapi dari luar Kepri dan negara luar, seperti Kalimantan, NTB, Brunai Darisalam, Malaysia dan Singapura.

Dari berbagai berbagai perlombaan yang digelar, lanjut Juramadi, peserta lomba jong paling banyak diikuti, hingga mencapai 800 orang. Sehingga, lomba yang seharusnya dilaksanakan selama 2 hari, harus diperpanjang selama 4 hari.

"Ini membuktikan bahwa festival pulau penyengat sangat diminati wisatawan," ungkapnya

Ucapan terimakasih pun tak lupa Juramadi sampaikan kepada masyarakat pulau penyengat dan stakeholder yang telah mendukung festival ini. Meskipun diguyur hujan, masih tetap semangat mengikuti festival ini.

"Kedepan, kegiatan ini akan kita evaluasi untuk perbaikan di masa yang akan datang," tuturnya

Usai Walikota menutup acara, panitia mengumumkan para pemenang lomba festival pulau penyengat. Peserta yang menjadi juara, diberikan piala serta uang pembinaan. Penyerahan hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Tanjungpinang.


Editor : Udin