Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Yap Shung Hok, Dua Tersangka Peragakan 50 Adegan
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 10-02-2016 | 15:28 WIB
rekon-yap-shing-hok.jpg
Dua tersangka memeragakan adegan membuang mayat Yap Shung Hok di Jembatan II Lintas Barat, Bintan. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penyidik Satuan Reskrim Polresta Tanjungpinang melakukan rekonstruksi kasus pembunuhan Yap Shung Hok (62) di Kampung Sei Ladi, Kelurahan Kampung Bugis, Rabu (10/2/2016)‎‎.

Rekonstruksi yang berlangsung sekitar pukul 10.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB ini, memeragakan 50 adegan. Dalam rekonstruksi, sebelum menuju ke rumah korban, kedua tersangka, Ms serta J, berhenti dan memarkirkan mobil Toyata Avanza bernomor polisi BP 1000 TY warna silver.

Sembari memarkirkan mobilnya,  kedua terdakwa meminum minuman berakohol dan menyiapkan sebuah pisau yang dibungkus dengan map merah dan diselipkan di bagian belakang celana tersangka J.

Setelah menyiapkan pisau, adegan berlanjut ke rumah korban Yap Shung Hok. Tersangka Ms berhenti di samping rumah korban, sedangkan tersangka J menuju ke depan pintu rumah korban sambil memegang pisau dan mengetuk pintu rumah sambil memanggil korban.

Pada saat Yap Shung Hok membuka pintu rumahnya, tersangka J langsung menikam ke arah dada sebelah kiri korban sebanyak satu kali dan membekap mulut korban. 
‎‎
J langsung memeragakan bagaimana dia menikam korban kemudian merebahkan korban ke lantai dan memastikan korban suda benar-benar tak bernyawa. Sesaat kemudian, tersangka J memanggil tersangka Ms untuk mengangkat korban ke luar rumah ‎dan membungkus mayat korban dengan goni plastik.

Kedua tersangka mengangkat korban menggunakan tangga yang terdapat di sebelah rumah korban menuju mobil yang diparkirkan  dan menuju ke Pelabuhan Sei Ladi untuk mencuci tangan tersangka J yang terkena darah. Setelah selesai membersihkan tangan, J kembali ke mobil dengan membawa minuman bir. 

Dari Pelabuhan Sei Ladi, kedua tersangka kembali menuju Jalan Lintas Barat Bintan. Sesampai di Jembatan II Lintas Barat Bintan, tersangka J memberhentikan mobilnya dan turun bersama tersangka Ms untuk mengangkat jasad korban ke samping jembatan. Di samping jembatan, J memberi aba-aba, " Ok bro, nuanggg," dan akhirnya jasad Yap Shung Hok langsung dibuang ke laut beserta ember yang berisikan air pembersih darah. ‎

Selanjutnya adegan terakhir kedua tersangka menuju ke arah Kawal untuk membuang pisau yang digunakan untuk menikam korban dan kembali ke arah Kota Tanjungpinang untuk mengantarkan tersangka Ms. 
‎
Sebelumnya, Tim Buser Polres Tanjungpinang berhasil menangkap Ms (47), orang yang turut membantu J membunuh korban Yap Shung Hok (62) --yang mayatnya ditemukan nelayan Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, di bawah Jembatan II Bintan.

 
Ms sendiri ditangkap di Kota Batam, tepatnya di Perumahan Aviari, Batuaji. Dalam pengejaran tim buser, diketahui bahwa Ms hendak berusaha kabur ke salah satu rumah rekannya yang ada di Kota Padang, dengan menggunakan pesawat via Batam, Senin (1/2/2016) sore. ‎

"Dia telah empat hari kabur. Dari Tanjungpinang dia menggunakan motor. Sampai di Batam, dia jual motor tersebut kemudian beli tiket pesawat. Dari penelusuran intelijen, ada tiga daftar penerbangan atas nama Ms dan sudah sempat check in dua kali dan batal berangkat," ujar Kapolres Tanjungpinang, AKBP Kristian Siagian saat menggelar ekspose perkara di Mapolres. ‎

Editor: Dodo