Diduga Bunuh Diri, Pekerja Bangunan ‎Ditemukan Gantung Diri
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 26-12-2015 | 08:00 WIB
roland.jpg
Saat evakuasi jasad Budi Haryanto. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Budi Haryanto (36), seorang pekerja bangunan ditemukan tewas tergantung di dalam rumah di Perumahan Griya Puqalfa Residence, Batu Naga, Jalan Karya, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, pukul 12:00 WIB, Jumat (25/12/2015).

Informasi yang diperoleh di TKP, mayat tersebut pertama kali ditemukan oleh Fadli, warga perumahan Griya Puqalfa Residence, yang pada saat itu hendak meminjam motor korban untuk pergi ke masjid. Namun, saat dipangil korban tak menjawab, selanjutnya Fadli pun terkejut ketika masuk kedalam rumah tersebut melihat rekannya tersebut tergantung dibagian pintu belakang. Fadli pun kemudian memberitahukan kepada warga lainnya.

Pantauan di lapangan, jasad Budi tergantung menggunakan seutas kabel di pintu belakang rumah yang berada di sebelah kiri. Jasadnya terlihat terkulai tanpa menggunakan baju, hanya menggunakan celana boxer warna merah. Masih pantaun dilapangan, tim identifikasi Polres Tanjungpinang yang turun ke lokasi pun langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengumupulkan informasi dari warga sekitar.

Salah seorang warga, Ardi mengatakan ia juga kaget ketika mendapat informasi ada orang yang gantung diri. ia pun tambah kaget ketika mengetahui orang yang gantung diri tersebut rekannya. ''Saya tak habis pikir, kenapa pikiran dia sependek itu, padahal dia itu orangnya enak diajak bercanda,'' ujar Ardi

Dikatakan Ardi,  ia pun merasa heran kenapa rekannya mengakhiri hidup dengan cara seperti itu. Saya juga belum tahu kenapa dia bunuh diri. Dia itu memang buruh bangunan yang bekerja di perumahaan ini. 

Menurut Khaidir Iskandar Abang ipar dari Budi Haryanto yang ditemui di RSUP Provinsi Kepri, di berkomentar sebelum ‎meninggal, dia sempat berkomunikasi melalui handphone. 

"Dia (Budi Haryanto, red) mengatakan kalau dia sedang galau dan pada saat itu untuk menghilangkan galaunya dia menghilangkannya dengan cara berkumpul bersama teman-temannya di lokasi tempat Budi Ditemukan sudah tidak bernyawa", tutur Khaidir

Keesokan harinya sekitar jam 12:00 WIB, Khaidir kaget diberi tahu tetangganya, bahwa Budi telah meninggal, yang mayatnya ditemukan ‎di dalam rumah di Perumahan Griya Puqalfa Residence, Batu Naga, Jalan Karya, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari. 

Kapolsek Bukit Bestari, Kompol Zulkarnain mengatakan jika dilihat sekilas korban memang gantung diri. Namun, pihaknya tetap membawa korban ke Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Tanjungpinang, untuk dilakukan visum et repertum.

''Nanti pihak Rumah Sakit yang melihat, apakah ada tanda - tanda kekerasan dalam tubuh korban. Karena kalau dilihat sekilas tak ada tanda kekerasan di jenazah korban. Dugaan sementara korban murni bunuh diri,''ucap Zulkarnain.

Editor: Dardani