PDAM dan RSUD Kepri Siap Layani Masyarakat Saat Natal dan Tahun Baru
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 19-12-2015 | 17:35 WIB
agung-IPA.jpg
Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana, ketika meninjau instalasi pengelolaan air bersih milik PDAM Tirta Kepri. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri menyatakan ketersediaan air di dua waduk sumber air baku aman menjelang Natal dan Tahun Baru. Demikian juga pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Daerah Provinsi Kepri.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian Teknis PDAM Tirta Kepri Tri Wahyu dan Wakil Direktur RSUD Provinsi Kepri dr Sunarto, kepada Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana, yang melakukan sidak dan monitoring kesiapan dua instansi itu dalam memberikan pelayanan pada masyarakat menghadapi cuti Natal dan Tahun Baru, Sabtu (19/12/2015). 

"Dengan musim hujan saat ini, stok air di sumber air baku Bendungan Gesek masih aman, dan operasional Instalasi Pengolahan (IPA) sampai saat ini dapat menghasilkan air bersih 100 liter per detik untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat," kata Tri Wahyu.

Dengan ketersediaan air baku di dua waduk sumber air baku, Gesek dan Sei Pulai, tambah Wahyu, PDAM telah memperpendek jangka waktru penggiliran pembagian air di sejumlah wilayah Tanjungpinang. 

"Masa giliran pendistribusian dari 1 kali 3 hari, saat ini menjadi 1 kali dua hari," sebutnya. 

Kepada pengelola PDAM, Agung Mulyana kembali mengingatkan sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri, meminta pada stakeholder di daerah agar terus meningkatkan pelayanan pada masyarakat. 

Sementara Wakil Direktur RSUD Provinsi Kepri, dr Sunarto juga menyatakan, dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru mendatang, Unit Instalasi Gawat Darurat (IGD) akan tetap buka dan dokter yang berjaga juga jadwalnya telah dibagi. 

"‎RSUP akan tetap buka, kecuali poli spesialis. Dan dokter yang berjaga akan tetap ada, yang disesuaikan dengan jadwal jaganya masing-masing," ujar Sunarto.

Untuk dokter bedah, kata Sunarto, dari 3 dokter di RSUP, ada1 orang cuti. Demikian juga dokter kebidanan, 1 orang ada yang cuti, sedangkan 2 lagi akan tetap berjaga dan siap melayani masyarakat yang akan melahirkan. 

Kepada dokter dan perawat di Rumah Sakit Provinsi Kepri, Agung juga menekankan agar tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Penjadwalan yang sudah diatur, masing-masing dapat mematuhi.

Editor: Dodo