Gubernur Agung Mulyana Sidak Stok Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru di Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 19-12-2015 | 15:51 WIB
IMG_20151219_102656_edit.jpg
Gubernur Agung Mulyana saat melakukan sidak mengecek stok pangan di Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana, melakukan sidak ke pembangkit listrik PLN, Bulog, Rumah Sakit Daerah (RSUD) Provinsi, dan Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPA) di Kampung Gesek, Kabupaten Bintan, Sabtu (19/12/2015).

Sidak Gubernur kali ini guna memastikan kesiapan dan ketersediaan pangan, listrik, air dan pelayanan kesehatan di rumah sakit jelang cuti Natal dan Tahun Baru di Tanjungpinang, Bintan serta kabupaten kota lainnya di Provinsi Kepri.

Kepada wartawan Agung Mulyana mengatakan, sidak ini dilakukan untuk memonitor, kesiapan dan ketersediaan pangan dan pelayanan, serta kebutuhan sandang masyarakat jelang cuti bersama natal dan tahun baru. 

Sidak ini, kata Agug, sesuai dengan perintah Menteri Dalam Negeri bagi seluruh kepala daerah Tingkat I dan II, agar melakukan pengecekan langsung ini. 

Di pembangkit listirk PT. PLN Suka Berenang Tanjungpinang, Maneger PT.PLN kota Tanjungpiang Majudin, mengatakan kesiapan listrik di Kota Tanjungpinang dan sejumlah anak cabang rayon dan sub rayon di bawah PLN, kondisinya aman, dan akan mampu memberi pelayanan pada masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun baru tanpa ada pemadaman. 

"Untuk wilayah Tanjungpinang kondisi listrik aman, dengan beban puncak 57 MW dan daya mampu pasokan kami saat ini 71 Mega MW," ujarnya pada PJ.Gubernur Kepri. 

Hal yang sama, kata Majudin, juga demikian dengan di Tanjung Uban, Tarempa, Ranai, Tarempa Daek Lingga dan Dabok Singkep. Hanya, di daerah Tanjung Balau Karimun, mengalami kritis, karena daya mampu mesin pembangkit di sana hanya 25 MW, sementara beban Puncak mencapai 24 MW. 

"Dalam mengatasi hal ini, ‎mesin pembangkit 6 MW yang ada di Tanjung Uban, akan segera dipindahkan ke Tanjungbalai Karimun, hingga dari 25 MW daya mamapu mesin pembangkit disana akan tambah menjadi 31 MW,"jelasnya. 

Kepada Kepala Cabang PT.PLN Persero Tanjungpinang, Agung menekankan, dengan laporan dan kemampuan daya listrik yang dilaporkan, hendaknya dapat diimplementasikan pada masyarakat dalam menghadapai Cuti bersama Natal dan Tahun baru 2016 mendatang. 

"Hingga masyarakat yang melakukan perayaan natal, serta tahun baruan tidak terganggung dengan adanya byar pet matinya listrik,"pungkasnya. 

Selain di pembangkit listrik PT.PLN Suka Berenang, PJ.Gubernur Kepri juga melakukan sidang dan kunjungan ke Gudang Bulog Sub Divre Tanjungpinang di Jalan Gatot Subroto Km 5 Tanjungpinang. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Bulog Sub-Divre Kota Tanjungpinang, Bintan, Lingga dan Natuna, Rusdi Hanif mengatakan, kalau saat ini kondisi stok pangan khususnya beras di bulog aman dan mencukupi hingga Februari 2016, dengan total stok beras 1,700 ton yang ada di gudang Bulog. 

"Selain itu, sebanyak 700 ton beras premium impor yang dilakukan pemerintah saat ini juga sedang di jalan menuju Tanjungpinang. Dengan tibanya beras premium 5 persen yang akan digerus ke pasar ini, akan menambah dan memperkuat ketersediaan stock beras nantinya di Kepri," jelas Rusdi Hanif. 

Dalam mengantisipasi, lonjakan harga beras di pasar, tambah Hanif, saat ini pihak Bulog juga melakukan operasi pasar di sejumlah tempat di Tanjungpinang, seperti di pasar Bintan Center, ruko Km 6 serta tempat-tempat lainya. 

"Untuk memenuhi kebutuhaan pasar, kami juga menjalin kerj sama distrubusi pada pedangan eceran, untuk menjual beras premium yang akan datang, semua pengecer bisa datang dan meminta ke Bulog, dengan harga yang sudah ditetapkan," ujarnya. 

Atas laporan Kepala Sub-Divres Bulog Kota Tanjungpinang itu, Pj.Gubernur Juga meminta agar Bulog, juga melakukan operasi Pasar serta pendistribusiaan pada pedagang beras eceran pada masyarakat yang ada di Pulau seperti, Natuna, anambas, serta Lingga dan Dabo Singkep. 

Dalam Kesempatan itu, Agung Mulyana juga melakukan peninjuaan langsung Ketersiapaan pangan dan harga, di Pasar pagi Bintan Center, disana ditemuai, daging ayam dan daging sapi mengalami kenaiakn hampir Rp5 ribu per kg. Sedangkan daging sapi, juga mengalami kenaikan dari Rp125 ribu per kg naik menjadi Rp130 ribu per kg. 

Editor: Dardani