Kumuh dan Tak Tertata, Pelabuhan SBP Tanjungpinang Jadi Sorotan Menpan-RB
Oleh : Habibi
Senin | 16-11-2015 | 08:45 WIB
Pelabuhaan_Sri_Bintan_Pura_Tanjungpinang.JPG
Inilah penampakan pelabuhan yang menurut Menteri Yuddy Chrisnandi, kotor dan tak tertata. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Keberadaan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, yang kumuh dan tak tertata, menjadi sorotan tersendiri bagi Menteri Pemdayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Crisnandi saat berkunjung ke Tanjungpinang, Jum'at (13/11/2015) lalu.


"Pelabuhan SBP Tanjungpinang kotor dan kurang tertata dengan baik, itu yang menjadi catatan Menteri Yuddy Crisnandi," ungkap Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah kepada wartawan di Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu (14/11/2015). 

"Bagaimana ini, kotor sekali pelabuhan ini ya. Kesannya kumuh," ujar Lis menirukan komentar Yuddy saat melewati pelabuhan SBP Tanjungpinang.

Lis menambahkan, Menpan-RB mempertanyakan permasalahan pelabuhan SBP kepadanya. Namun Lis mengaku menjawab tidak bisa berbuat apa-apa dikarenakan otoritas pelabuhan bukanlah di Pemerintah Kota Tanjungpinang, melainkan Pelindo.

"Saya bisa apa? Kalau saya punya otoritas penuh ya beda konsepnya. Memang banyak sampah. Ada tong sampah di sana pun karena ada penilaian Adipura, itu pun kita yang pinjamkan ke sana," tambah Lis.

Lis pun mengaku "tak bisa cakap" dan terlihat malas untuk menilai tentang kinerja Pelindo. Dia juga menyinggung bahwa master-plan yang disampaikan oleh General Manajer Pelindo yang baru, Wayan, sudah dikatakan oleh semua GM Pelindo sebelumnya.

"Pelabuhan itu adalah pintu masuk. Masak ada orang datang ke Tanjungpinang, imagenya kumuh karena melihat pelabuhan yang keadaannya demikian, yang dirugikan kita dong sebagai pemerintah," ujar Lis.

Menurut Lis lagi, harus ada aspek positif yang diperbaiki untuk kepentingan masyarakat. Bukan hanya sekedar menguntungkan  Pelindo sendiri saja. Harus ada pembenahan dan perbaikan yang signifikan oleh Pelindo. 

Editor: Dardani